ANALISIS NILAI RELIGIUS NOVEL CINTA DALAM DIAM KARYA SHINEEMINKA DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA

Novi Kurniasih

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) struktur karya sastra novel Cinta dalam Diam karya Shineeminka; (2) nilai religius novel Cinta dalam Diam karya Shineeminka; dan (3) rencana pelaksanaan pembelajaran novel Cinta dalam Diam karya Shineeminka di kelas  XI SMA. Objek penelitian ini yaitu struktur karya sastra dan nilai religius sastra. Fokus penelitian ini yaitu struktur karya sastra, nilai religius sastra, dan rencana pelaksanaan pembelajaran. Sumber data berupa novel Cinta dalam Diam karya Shineeminka. Teknik pengumpulan data dilaku­kan dengan studi pustaka, teknik baca, dan teknik catat. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik interactive model. Penyajian hasil analisis data dilakukan dengan teknik informal. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) struktur novel Cinta dalam Diamkarya Shineeminka meliputi: (a) tema: Percintaan tokoh utama yang bermula dari sebuah perjo­doh­­­an, (b) tokoh dan penokohan terdiri dari: tokoh utama Zahra (sabar, setia, dan penurut) dan Ali (tampan,  perhatian, dan alim) dan tokoh tambahan: Ayana, Danang, Mama Zahra dan Andra, (c) latar terbagi menjadi latar tempat: rumah Ali, kantin, kampus, Singapore, hotel, rumah sakit, dan Malang, latar waktu: pagi, siang, sore, dan malam. Latar sosial: latar sosial dari kalangan or­ang-­orang kaya, (d) alur maju, (e) sudut pandang orang pertama sebagai pelaku utama, dan (f) amanat: jodoh pasti akan menemu­kan jalannya, bagaimana­pun kita me­nolak kalau jodoh tetap akan bersatu. Sebaliknya, se­ka­li­­­­­pun kita berusaha dengan melebihi batas kemampuan ji­ka ti­dak berjodoh maka akan berpisah juga.; (2) nilai religius sastra novel Cinta dalam Diam karya Shineeminka meliputi: (a) hubungan manusia dengan Tuhan, (b) hubungan manusia dengan manusia, (c) hubungan manusia dengan diri sendiri, dan (d) hubungan Manusia dengan alam sekitar; dan (3) rencana pelaksanaan pembelajar­an dilakukan menggunakan KD 3.11 menganalisis pesan dari satu buku fiksi yang dibaca. Metode yang digunakan adalah metode diskusi dikolaborasikan dengaan model pembelajaran Group Investigation.

Kata kunci: nilai religius, novel, dan rencana pelaksanaan pembelajaran

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ali, Mohammad Daud. 2018. Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Rajawali Pers.

Al-Qur’an dan terjemahannya. 2008. Departemen Agama RI. Bandung: Diponegoro

Al-Tabany, Trianto Ibnu Badar. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenamedia Group.

Aminudin. 2015. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Ancok, D. dan Suroso, F.N. 2011. Psikologi Islam: Solusi Islam Atas Problem-Problem Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Atmosuwito, Subijantoro. 2010. Perihal Sastra dan Religiusitas dalam Sastra. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Dayasri, Prafitri., Khabib, S., Bagiya. 2018. “Analisis Nilai Religius Kumpulan Cerpen Begitu Ya Begitu Tapi Mbok Jangan Begitu Karya Danarto dan Implementasinya dalam Pembelajaran Memahami Struktur dan Kaidah Teks Cerpen pada Siswa Kelas XI SMA”. Surya Bahtera Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol 6 Nomor 50 (2018).

Ginanjar, Nurhayati. 2012. Pengkajian Prosa Fiksi: Teori dan Praktik. Surakarta.

Imayanti, Hadni., Awaliyah, Mustika Fitri., & Priyanto, Agus. 2018. “Analisis Nilai-Nilai Religius dalam Film Cinta Laki-Laki Biasa yang Diadaptasi dari Novel Karya Asma Nadia”. Parole Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 1 Nomor 4 (2018).

Mangunwijaya, Y.B. 1988. Sastra dan Religiositas. Kanisius.

Miles & Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Nurgiyantoro, Burhan. 2015. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Rahmanto, B. 1988. Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Kanisius.

Ratumanan dan Rosmiati, Imas. 2019. Perencanaan Pembelajaran. Depok: Rajawali Pers.

Rifai, Arif., Fakhrudin, Bagiya. 2018. “Nilai Religius pada Novel Surga Yang Tak Dirindukan 2 Karya Asma Nadia dan Rencana Pelaksanaan Pembelajarannya pada Kelas XI SMA”. Surya Bahtera Universitas Muhammadyah Purworejo. Vol. 6 No 51 (2018).

Rusman. 2018. Model-model Pembelajaran. Depok: Rajawali Pres.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.