ANALISIS KESANTUNAN BERBAHASA DALAM FILM IQRO MY UNIVERSE SUTRADARA IQBAL ALFAJRI DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA
Abstract
ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pematuhan atau pelanggaran prinsip kesantunan berbahasa dalam percakapan film Iqro My Universe sutradara Iqbal Alfajri dan rencana pelaksanaan pembelajaran kesantunan berbahasa dalam percakapan film Iqro My Universe. Objek penelitian ini adalah kesantunan berbahasa dalam percakapan film Iqro My Universe sutradara Iqbal Alfajri. Penelitian ini difokuskan pada pematuhan atau pelanggaran prinsip kesantunan berbahasa dalam percakapan Iqro My Universe dan rencana pelaksanaan pembelajaran di kelas XI SMA. Data diperoleh dengan menggunakan metode simak dengan teknik sadap dan dilanjutkan dengan teknik lanjutan, yakni teknik Simak Bebas Libat Cakap. Metode analisis yang digunakan adalah metode padan jenis pragmatis. Dalam penyajian hasil analisis,digunakan teknik informal. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut (1) pematuhan atau pelanggaran prinsip kesantunan berbahasa dalam percakapan film Iqro My Universe sutradara Iqbal Alfajri meliputi maksim kebijaksanaan, maksim kemurahan, maksim penerimaan, maksim kerendahan hati, maksim kecocokan, dan maksim kesimpatiandan(2) rencana pelaksanaan pembelajaran kesantunan berbahasa di kelas XI SMAterdiri dari tiga langkah, yaitu (1) tahap persiapan, (2) kegiatan inti, dan (3) kegiatan penutup. Pembelajaran kesantunan berbahasa dalam percakapan film Iqro My Universe sutradara Iqbal Alfajri menggunakan kurikulum 2013 yang diimplementasikan dalam KD 3.19 menganalisis isi dan kebahasaan drama yang dibaca atau ditonton. Model pembelajaran yang digunakan adalah Cooperatif Learning tipe Think Pair Share.
Kata kunci : kesantunan berbahasa, film, rencana pelaksanaan pembelajaran
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Al-Tabany. 2017. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Kencana
Arifah, Fakhrudin, Faizah. 2017. “Penerapan Prinsip Kesantunan dalam Film Ada Surga Di Rumahmu sutradara Aditya Gumay dan Skenario Pembelajarannya di Kelas X SMK”. Jurnal Surya Bahtera, Vol.5 No. 48. www.suryabahteraumpwr. Diunduh pada tanggal 09 Oktober 2019
.
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Bagiya. 2017. Linguistik Umum. Yogyakarta: Jumat Publishing.
Cahyaningrum, Andayani, Setiyawan. 2018. “Kesantunan Berbahasa Siswa dalam Konteks Negosiasi di Sekolah Menengah Atas”. Jurnal Pena Indonesia, Vol.4 No.1. www.journal.unesa.ac.id. Diunduh pada tanggal 11 November 2019.
Chaer, Abdul. 2010. Kesantunan Berbahasa. Jakarta: Rineka Cipta.
Khamid, Sukirno, Bagiya. 2015. “Kesantunan Berbahasa dalam Kegiatan Belajar Mengajar Bahasa Indonesia dan Relevansinya dengan Pembentukan Karakter Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Al-Iman Purworejo Tahun Pelajaran 2014/2015”. Jurnal Surya Bahtera, Vol.3 No.22. www.suryabahteraumpwr.Diunduh pada tanggal 14 Oktober 2019.
Leech, Geoffrey. 1993. Prinsip-prinsip Pragmatik. (Terjemahan M.D.D. Oka). Jakarta: Universitas Indonesia Press (UI-Press). (Judul asli The Principles of Pragmatics. Diterbitkan oleh Longman Group Limited, 1983).
Pranowo. 2012. Berbahasa secara Santun. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Priyanti, Bagiya, Faizah. 2019. “Analisis Tindak Tutur Direktif dan Ekspresif Pada Novel Pesawat Kertas Terakhir Karya Agnes Davonar dan Skenario Pembelajarannya di Kelas XII SMA”. Jurnal Surya Bahtera, Vol. 1 No. 1. www.suryabahteraumpwr. Diunduh pada tanggal 21 Oktober 2019.
Rosdiana, Sukirno, Bagiya. 2018. “Analisis Nilai Sosiologi Sastra Novel Hujan Bulan Juli Karya Sapardi Djoko Damono dan Rencana Pembelajarannya dengan Metode Kooperatif pada Siswa Kelas XII SMA”. Jurnal Surya Bahtera, Vol.6 No. 53. www.suryabahteraumpwr. Diunduh pada tanggal 21 Oktober 2019.
Rustono. 1999. Pokok-pokok Pragmatik. Semarang: CV. IKIP Semarang Press.
Setiyawan, Wenny. 2016. "Penerapan Prinsip Kesantunan Berbahasa dalam Percakapan Film Sang Pencerah Sutradara Hanung Bramantyo, Relevansinya Sebagai Bahan Pembelajaran Keterampilan Menyimak dan Berbicara dan Skenario Pembelajarannya di Kelas X Semester 2 SMA”. Jurnal Surya Bahtera, Vol.4 No. 39. www.suryabahteraumpwr. Diunduh pada tanggal 09 Oktober 2019.
Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analsis Bahasa. Yogyakarta: Duta
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D.Bandung: Alfabeta.
Suryati, Fakhrudin, Bagiya. 2013. “Analisis Kesantunan Berbahasa dalam Argumentasi Rubrik “Pikiran Pembaca” Surat Kabar Kedaulatan Rakyat Edisi Januari 2013, Relevansinya sebagai Bahan Pembelajaran Menulis Argumentasi, dan Skenario Pembelajarannya pada Siswa Kelas X SMA”. Jurnal Surya Bahtera, Vol.1 No. 10.www.suryabahteraumpwr. Diunduh pada tanggal 09 Oktober 2019.
Trianton, Teguh. 2013. Film Sebagai Media Belajar. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Wacana University Press.
Yule, George. 2014. Pragmatik (Terjemahan Indah Fajar Wahyuni). Yogyakarta:
Pustaka Belajar
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.