ANALISIS TINDAK TUTUR DIREKTIF DALAM FILM LIAM DAN LAILA SUTRADARA ARIEF MALINMUDO DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA

Ria Saputri

Abstract


ABSTRAK: Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) bentuk dan fungsi tindak tutur direktif dalam film Liam dan Laila sutradara Arief Malinmundo; dan (2) rencana pelaksanaan pembelajaran tindak tutur direktif dalam film Liam dan Laila sutradara Arief Malinmundo di kelas XI SMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian adalah tuturan dalam film Liam dan Laila sutradara Arief Malinmundo. Objek penelitian berupa tindak tutur direktif dalam tuturan para tokoh.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik simak bebas libat cakap (SBLC) dan teknik catat.Metode padan digunakan untuk menganalisis data.Hasil analisis data disajikan dengan teknik informal. Berdasarkan data dan pembahasannya, disimpulkan bahwa (1) bentuk dan fungsi tindak tutur direktif pada film Liam dan Laila terdiri dari:(a) jenis permintaan,(b) jenis pertanyaan, (c) jenis perintah, (d) jenis larangan, (e) jenis pemberian izin, (f) jenis nasihat; dan (2) rencana pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan modelCooperative Learning tipe STAD. Model pembelajaran tersebut diimplementasikan dalam KD 3.19 menganalisis isi dan kebahasaan drama yang dibaca atau ditonton yang disesuaikan dengan kurikulum 2013.Langkah penerapan pembelajaran dengan model Cooperative Learning tipe STAD antara lain:(a) guru membagi peserta didik dalam kelompok-kelompok. Setiap kelompok terdiri dari empat anggota/siswa secara heterogen, (b) guru menyajikan materi berupa tindak tutur direktif di dalam film yang akan ditayangkan pada layar LCD, (c) guru memberi tugas kepada kelompok mengenai isi dan kebahasaaan yang termasuk dalam tindak tutur direktif pada film Liam dan Laila sutradara Arief Malinmundo, (d) guru memberi kuis/pertanyaan kepada seluruh siswa, (e) setelah selesai berdiskusi, setiap kelompok secara bergantian diminta maju ke depan kelas untuk mempresentasikan hasil diskusi, (f) guru memberikan penilaian dan kesimpulan.

 

Kata Kunci: tindak tutur direktif, film, rencana pelaksanaan pembelajaran


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bagiya. 2017. Linguistik Umum. Yogyakarta: Jumat Publishing.

Ibrahim, Abd. Syukur. 1993. Kajian Tindak Tutur. Surabaya: Usaha Nasional.

Rustono. 1999. Pokok-pokok Pragmatik. Semarang: CV. IKIP Semarang Press.

Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analsis Bahasa. Yogyakarta: Dua

Wacana University Press.

Sukirno.2016. Memahami Pemahaman yang Efektif. Yogyakarta:Pustaka

Belajar.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D.Bandung: Alfabeta.

Trianton, Teguh. 2013. Film Sebagai Media Belajar. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wijana, I Dewa Putu. 1996. Dasar-Dasar Pragmatik. Yogyakarta:Andi

Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.