NILAI KEISLAMAN NOVEL KEMBARA RINDU KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DI KELAS XII SMA

Syafiatul Savita Dewi

Abstract


ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik novel; (2)nilai keislaman novel; (3) kebahasaan novel; (4) rencanapelaksanaanpembelajarannya novel Kembara Rindu karya Habiburrahman El Shirazy di kelas XII SMA.Dalam pengumpulan data digunakan teknik pustaka. Dalam analisis data novel Kembara Rindu karya Habiburrahman El Shirazy digunakan  teknik analisis isi. Penyajian hasil analisis data dilakukan dengan metode informal. Dalam penelitian ini disimpulkan (1) unsur intrinsik novel meliputi (a) tema, (b) tokoh, (c) alur, (d) latar, (e) sudut pandang, (f) amanat; (2) nilai keislaman novel Kembara Rindu karya Habiburrahman El Shirazy meliputi 1) hubungan manusia dengan Allah: salat, berdoa, mengaji atau membaca Al-quran, pengajian, mengucap salam dan bersyukur, 2) hubungan manusia dengan diri sendiri: ikhlas, bersikap tegas, sabar dan tabah, 3) hubungan manusia dengan manusia lain: memberi nasihat, tolong-menolong dan rukun, 4) hubungan manusia dengan lingkungan alam: memuji keindahan alam; (3) kebahasaan: ungkapan dan majas; (4) Rencana pelaksanaan pembelajaran novel Kembara rindu karya Habiburrahman El Shirazy di kelas XII SMA dilakukan dengan model pembelajaran Jigsaw. Kompetensi Dasar yang ingin dicapai meliputi KD 3.9 menganalisis isi dan kebahasaan novel dan KD 4.9 merancang novel atau novelet dengan memerhatikan isi dan kebahasaan. Kegiatan pem­belajaran meliputi: (a) kegiatan pendahuluan, (b) kegiatan inti, dan (c) penutup.

Kata kunci:novel, nilai keislaman, danrencanapembelajaran.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ali, Mohammad Daud. 2018. Pendidikan Agama Islam. Depok: Rajawali Pers.

Ancok, Jamaludin dan Suroso. 2011. Psikologi Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, Suharsini. 2013. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dianawati, Kadaryati, Umi Faizah (2017). “Analisis Nilai Religius Tokoh Utama pada Kumpulan Cerpen Lukisan Kaligrafi Karya Ahmad Mustofa Bisri dan Pembelajarannya di SMA”.Jurnal Surya Bahtera volume 5 nomor 44. Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Mata’at, Anis. Bagiya, Kadaryati. 2018. “Interferensi Gramatikan Bahasa Jawa dalam Bahasa Indonesia Pada Karangan Siswa Kelas XII SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo Tahun Pelajaran 2017/2018 dan Rencana PelaksanaanPembelajaran di Kelas XII SMK” Jurnal Surya Bahtera Volume 0 No 56 September 2018.

Meilya, Banar, Bagiya,Umi Faizah. 2019. “Nilai Keislaman dalam Novel TKW Mencari Surga Karya Asa Suzhanty & ABD Aziz Ana dan Rencana Pembelajaran di Kelas XII SMA” Skripsi. Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Mustofa, Abid, Fakhrudin, Bagiya. 2018. “Nilai Moral Dalam Novel Maha Cinta Karya Aguk Irawan Mizan dan Relevansinya sebagai Bahan Pembelajaran Sastra di Kelas XII SMA”.Jurnal Surya Bahtera Volume 6 No 51 Maret 2018.

Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarya; Sanata Dharma Universitas Press.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.