ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER NOVEL PERGIKARYA TERE LIYE DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DIKELAS XII SMA

Dwi Apriliyani

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik novelPergikarya Tere Liye; (2) nilai-nilai pendidikan karakter novel Pergikarya Tere Liye; (3) kebahasaan novel Pergi karya Tere Liye; dan (4) rencana pelaksanaan pembelajarannya di kelas XII SMA.Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kualitatif. Sumber data penelitian berupa novel, buku sastra, kutipan novel. Objek penelitian ini adalah novel Pergi karya Tere Liye. Fokus penelitian ini berupa nilai pendidikan karakter serta rencana pelaksanaan pembelajarannya di kelas XII SMA. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik pustaka dan teknik catat. Teknik analisis data penelitian ini adalah teknik analisis isi. Analisis disajikan dengan teknik informal. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) unsur intrinsik yang terdapat dalam novel Pergi karya Tere Liye meliputi: tema, tokoh dan penokohan, alur, latar, sudut pandang, dan amanat; (2) nilai-nilai pendidikan karakter novel Pergi karya Tere meliputi:religius, jujur, toleransi, kerja keras, mandiri, demokrasi, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, tanggung jawab, dan peduli sosial; (3) rencana pelaksanaan pembelajaran novel Pergikarya Tere Liye sesuai dengan kompetensi KD 3.9 menganalisis isi dan kebahasaan novel. Pembelajaran dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri berbasis pendekatan saintifik. Kegiatan pem­belajaran meliputi: (a) kegiatan pendahuluan, (b) kegiatan inti, dan (c) penutup.

 

Kata kunci: Nilai Pendidikan Karakter, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

                       


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurhidayah, Evi, Sukirno, Bagiya. 2017. “Pendidikan Karakter dalam Film Rudy Habibie Sutradara Hanung Bramantyo dan Rencana Pelaksanaan Pembelajarannya di Kelas XI SMA”. Jurnal Surya Bahtera, Volume 05, Nomor 49.Hal 733-740.Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Samani, Muchlas, dan Hariyanto. 2012. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Setyaningrum, Anisa, Bagiya, Faizah. 2019. “Analisis Nilai Pendidikan Karakter Novel Merindu Baginda Nabi karya Habiburrahman El Shirazy dan Rencana Pelaksanaan Pembelajarannya di Kelas XII SMA”. Jurnal Surya Bahtera,Volume 07, Nomor 02. Hal 76. Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.