Hak Cipta 2024 slot online| All Rights Reserved By Rajalangit88 | 18+
ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER NOVEL KOMET KARYA TERE LIYE DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI KELAS XII SMK | Alfiani | SURYA BAHTERA

ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER NOVEL KOMET KARYA TERE LIYE DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI KELAS XII SMK

Etik Alfiani

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik, (2) nilai pendidikan karakter, (3) kebahasaan novel Komet karya Tere Liye, dan (4) skenario pembelajaran unsur intrinsik dan nilai pendidikan karakter dalam novel Komet karya Tere Liye di kelas XII SMK. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah novel Komet karya Tere Liye. Fokus penelitian ini adalah nilai pendidikan karakter dan kebahasaan novel Komet karya Tere Liye. Instrumen penelitian ini adalah penulis sendiri selaku peneliti, serta kartu pencatat data yang berguna untuk mencatat data hasil membaca novel. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik simak catat. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik analisis isi. Teknik penyajian data dilakukan dengan teknik informal. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa: (1) unsur intrinsik yang terdapat dalam novel Komet karya Tere Liye meliputi: tema, tokoh, alur, latar, dan amanat; (2) nilai pendidikan karakter novel Komet karya Tere Liye ada 16, yaitu religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab; (3) kebahasaan dalam novel Komet mencangkup 2 majas, yaitu (a) majas personofikasi dan (b) majas asosiasi; (4) skenario pembelajarannya di kelas XII SMK disesuaikan dengan KD 3.9 menganalisis isi dan kebahasaan novel. Model pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan Saintifik Learning dan Think-Pair-Share. Kegiatan pembelajaran terdiri dari pendahuluan, inti, dan penutup.

Kata Kunci: nilai pendidikan karakter, novel, skenario pembelajaran, SMK.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rienka Cipta.

Daryanto, Darmiatun, Suryatri. 2013. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Faizah, Umi. 2015. “Kajian Sosiologi Sastra dan Nilai Pendidikan Karakter Novel Dasamuka Karya Junaedi Setiyono”. Makalah disajikan pada Seminar Nasional Sastra, Pendidikan Karakter dan Industri Kreatif di Surakarta, 31 Maret 2015. Hal 298-306.

Fatonah, Bagiya, Umi Faizah. 2015. “Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Daun Yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin Karya Tere Liye dan Skenario Pembelajarannya di Kelas XI SMA”. Jurnal Surya Bahtera, Volume 3, Nomor 28. Hal 1-6. Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Febriansyah, Bagiya, Setyorini. 2018. “Analisis Nilai-nilai Pendidikan Karakter Novel Geranium Blassom Karya Wylvera Windayana dan Rencana Pelaksanaan Pembelajarannya Di Kelas XII SMA”. Jurnal Surya Bahtera, Volume 6, Nomor 50. Hal 50. Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Heru, Bagiya, Suryo Daru Santoso. “Nilai Religius dalam Novel Suluk Gunung Jati Karya E. Rokajat Asura dan Skenario Pembelajarannya di Kelas XII SMA. Jurnal Surya Bahtera, Volume 5, Nomor 49. Hal 762. Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Mulyasa. 2018. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Mustova, Rojab, Sukirno, Bagiya. 2015. “Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Rantau 1 Muara Karya Ahmad Fuadi dan Skenario Pembelajarannya di Kelas XI SMA”. Jurnal Surya Bahtera, Volume 3, Nomor 22. Hal 1-8. Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Setyaningrum, Bagiya, Faizah. 2019. “Analisis Nilai Pendidikan Karakter Novel Merindu Baginda Nabi Karya Habiburrahman El Shirazy dan Rencana Pelaksanaan Pembelajarannya Di Kelas XII SMA”. Jurnal Surya Bahtera, Jilid 7, Nomor 2. Hal 76. Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Sanata Dharma Universitas Press.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.





Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.