ANALISIS SOSIOLOGI SASTRA NOVEL BIDADARI BERMATA BENING KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY DAN RENCANA PELAKSAAN PEMBELAJARANNYA DENGAN METODE KUANTUM DI SMA
Abstract
ABSTRAK: Tujuan penelitian skripsi ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) unsur-unsur intrinsik, (2) aspek sosiologi sastra, dan (3) rencana pelaksanaan pembelajarannya di SMA. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah novel Bidadari Bermata Bening karya Habiburrahman El Shirazy. Data berupa kutipan-kutipan novel Bidadari Bermata Bening karya Habiburrahman El Shirazy. Objek penelitian ini adalah sosiologi sastra novel Bidadari Bermata Bening karya Habiburrahman El Shirazy. Fokus penelitian ini adalah aspek-aspek sosiologi sastra,novel Bidadari Bermata Bening karya Habiburrahman El Shirazy, dan rencana pelaksanaan pembelajarannya di SMA. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pustaka. Teknik yang digunakan untuk menganalisis adalah teknik analisis isi. Dalam penyajian hasil analisis dilakukan dengan teknik informal. Berdasarkan analisis data disimpulkan: (1) unsur intrinsik dalam novel Bidadari Bermata Bening karya Habiburrahman El Shirazy meliputi (a) tema, (b) tokoh dan penokohan, (c) latar yang terbagi menjadi tiga yaitu latar tempat, latar waktu, latar suasana, (d) alur, dan (e) amanat: berjuanglah dengan gigih untuk mencapai kesuksesan di masa mendatang dan setialah kepada kekasih hati; (2) aspek-aspek sosiologi sastra novel Bidadari Bermata Bening karya Habiburrahman El Shirazy terdiri dari (a) aspek religi meliputi berdoa, berserah diri kepada Allah, dan bersyukur, (b) moral yang dimiliki tokoh Ayna, Gus Afifuddin, Bu Nyai Nur Fauziyah, Pakde Darsun, dan Yoyok, (c) cinta kasih Ayna dengan Bu Nyai Nur Fauziyah, cinta kasih Ayna dengan Bu Rosidah, cinta kasih Ayna dengan Gus Afifuddin, (d) kekerabatan Ayna dengan Bu Nyai Nur Fauziyah, kekerabatan Ayna dengan Bu Rosidah, kekerabatan Ayna dengan Gus Afifuddin, dan (d) ekonomi menengah ke bawah dan perjuangan ekonomi; (3) rencana pelaksanaan pembelajaran novel Bidadari Bermata Bening karya Habiburrahman El Shirazy dilaksanakan dengan metode kuantum di SMA sesuai dengan silabus kurikulum 2013 KD 3.9 yaitu menganalisis isi dan kebahasaan novel dilaksanakan dengan langkah TANDUR, Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasikan, Ulangi, dan Rayakan.
Kata kunci: sosiologi sastra, novel, rencana pelaksanaan pembelajaran
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik.Yogyakarta: Rineka Cipta.
Damayanti, Bagiya, dan Daru. 2018.“Nilai Moral Novel Sang Penakluk Kutukan Karya Arul Chandrana dan Skenario Pembelajarannya di Kelas XII SMK”.Jurnal Surya Bahtera (Vol 6) 52, hlm. 312-319. Universitas Muhammadiyah Purworejo.
Emzir dan Rohman. 2017. Teori dan Pengajaran Sastra. Depok: PT RajaGrafindo Persada.
Endraswara, Suwardi. 2011. Metodologi Penelitian Sosiologi Sastra. Yogyakarta: CAPS.
Faruk. 2014. Pengantar Sosiologi Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nurgiyantoro, Burhan. 2015. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Qolik, Kadaryati, dan Bagiya. 2016. “Analisis Nilai Sosiologi Sastra pada Novel Pulang Karya Tere Liye dan Skenario Pembelajarannya dik Kelas XI SMA”. Jurnal Surya Bahtera (Vol 4) 40. Universitas Muhammadiyah Purworejo.
Susanto, Dwi. 2016. Pengantar Kajian Sastra. Yogyakarta: CAPS.
Stanton, Robert. 2015. Teori Fiksi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suharianto, S. 1982. Dasar-Dasar Teori Sastra. Surakarta: Widya Duta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.