NILAI PENDIDIKAN KARAKTER NOVEL HIJRAH ITU CINTAKARYA ABAY ADHITYA DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DENGAN METODE COOPERATIVE LEARNING DI SMA
Abstract
ABSTRAK:Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi: (1) unsur intrinsik novel; (2) aspek kebahasaan novel; (3) nilai-nilai pendidikan karakter novel; (4) rencana pelaksanaan pembelajaran novel Hijrah itu Cinta karya Abay Adhitya di kelas XII SMA. Sumber data penelitian ini adalah novel Hijrah itu Cintakarya Abay Adhitya. Dalam pengumpulan data digunakan teknik pustaka dan teknik catat. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Dalam teknik analisis data digunakan teknik analisis isi untuk membuat simpulan terhadap data yang diperoleh dari membaca karya sastra. Dalam teknik penyajian hasil analisis data digunakan teknik informal. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) unsur intrinsik yang terdapat dalam novel ini meliputi: (a) tema: perjuangan cinta, dan pertaubatan; (b) tokoh utama: Senja Ainul Mardhiah(sabar, jujur), Satria Pradipta (disiplin, bersahabat) dan tokoh tambahan: Fajar Lesmana (religius, mandiri), Angga (peduli sosial, bersahabat), Ibu Senja (baik hati, keras kepala); Mang Didin (peduli sosial, bertanggung jawab), Ayah Senja (ramah, bijak); (c) alur: maju; (d) latar tempat: Bandung, Bogor, dan Kampung Hijrah; latar waktu: pagi, siang, sore, dan malam; latar sosial: kehidupan masyarakat perkotaan dan kehidupan masyarakat pemukiman Islam; (e) sudut pandang: orang ketiga serba tahu; (f) amanat:Allah selalu membuka pintu taubat bagi hambanya yang mau berusaha untuk taat, teruslah melangkah dalam usaha meraih cita-cita, berhijablah karena hijab adalah pembebasan untuk jujur pada hatimu dan pembebas jiwamu dari rantai-rantai duniawi; (2) aspek kebahasaan meliputi: majas, ungkapan dan peribahasa; (3) nilai-nilai pendidikan karakter novel ini meliputi: religius, bersahabat, kerja keras, toleransi, jujur, rasa ingin tahu, mandiri, peduli sosial, gemar membaca, dan tanggung jawab; (4) rencana pelaksanaan pembelajarandengan metode cooperative learning disesuaikankurikulum 2013 dengan kompetensi dasar 3.9 menganalisis isi dan kebahasaan novel.
Kata kunci: nilai pendidikan karakter, novelhijrah itu cinta, rencana pelaksanaan pembelajaran.
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Adhitya, Abay. 2018. Hijrah Itu Cinta. Yogyakarta: Penerbit Bunyan.
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Fatonah, Umi, Bagiya, Umi Faizah. 2015. “Nilai Pendidikan Karakter Novel Daun Yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin karya Tere Liye dan Skenario Pembelajarannya di Kelas XI SMA”. Jurnal Surya Bahtera, 3 (28): 1-6.
Kesuma, Dharma dkk. 2013. Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muslich, Masnur. 2015. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Setyorini, Nurul, herman J Waluyo, Andayani. 2014. “Kajian Gender dan Nilai Pendidikan Karakter Novel Geni Jora dan Mata Raisa Karya Abidah El Khalieq”. Tesis. UNS
Sudaryat, Yayat. 2008. Makna dalam Wacana. Bandung: Yrama Widya
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukirno. 2016. Belajar Cepat Menulis Kreatif Berbasis Kuantum. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.