ANALISIS NILAI MORAL NOVEL DEAR ALLAH KARYA DIANA FEBIANTRIA DAN RENCANA PEMBELAJARANNYA DI KELAS XII SMA
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) unsur intrinsik(2) nilai moral novel Dear Allah Karya Diana Febiantria, dan(3) rencana pelaksanaan pembelajaran novel bagi siswa kelas XII SMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kualitatif. Sumber data diperoleh darinovel Dear Allah Karya Diana Febiantria. Fokus penelitian ini berupa nilai moral novel Dear Allah karya Diana Febiantria. Pengumpulan data dilakukan dengan teknikobservasi, analisis datadengan teknik content analisys. Dalam penyajian hasil analisis data digunakan metode informal.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa(1) unsur intrinsik dalam novel Dear Allah (a) tema: ketulusan cinta suami istri;(b) tokoh utama: Naira (tegar, bertanggung jawab, penuh kasih sayang, sabar, peduli), Wildan, Genta, Tante Fatimah, Aisyah, Zulfa, Aryan, Tatan,Athifa, Aneke,yang dapat mendukung cerita; (c) alur: maju; (d) latar dalam novel ini, yaitu latar tempat (rumah sakit, Masjid Agung, rumah orang tua Wildan, pesantren, dan kafe), latar waktu (pagi, siang, dan malam), latar suasana (sedih, bahagia, dan tegang) dan latar sosial adalah lingkungan keluargaIslami; (2) nilai moralmeliputi (a) hubungan manusia dengan Tuhan yang terdiri dari: bersyukur, berdoa, beribadah, ikhlas, mengenakan jilbab; (b) hubungan manusia dengan manusia meliputi: persahabatan, tolong menolong, menasihati, dan kasih sayang; (c) hubungan manusia dengan diri sendiri meliputi: tanggung jawab, penyesalan, rindu, dan sedih; (3) Rencana pelaksanaan pembelajaran novel dengan materi nilai moral dalam novel di Kelas XII SMA disesuaikan dengan KD 3.9 menganalisis isi dan kebahasaan novel menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigationdengan langkah-langkah berikut:a) guru membuka pembelajaran dan menyampaikan materi; b)siswa membaca sinopsis novel;c) guru dan siswa berdiskusi untuk menggali masalah yang harus ditemukan pada novel; d) guru mengajak siswa membaca novel dan memberikan tugas di rumah untuk membaca novel serta menganalisisnya; e) pada pertemuan selanjutnya siswa melanjutkan aktivitas menganalisis novel;f)tiap kelompokmendiskusikanunsur intrinsik dan nilai moral novel; g) siswa mempresentasikan hasil pekerjaanya; h) pendidik mengevaluasi dan menyimpulkan hasil belajar.
Kata kunci: nilai moral, noveldear Allah, rencanapelaksanaan pembelajaran
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Akhadi, Bagiya, dan Nurul Setyorini. 2017. “Nilai Moral pada Novel Hujan Karya Tere Liye dan Skenario Pembelajarannya di Kelas XI SMA”. Jurnal Surya Bahtera, 5 (44): 1-9. Universitas Muhammadiyah Purworejo.
Budiningsih, Asri. 2008. Pembelajaran Moral Berpijak Pada Karakteristik Siswa dan Budayanya. Jakarta: Rineka Cipta.
Dewi, Fakhrudin, dan Bagiya. 2017. “Nilai- Nilai Moral Novel Cinta di Ujung Sajadah Karya Asma Nadia dan Skenario Pembelajaran di Kelas XI SMA”. Jurnal Surya Bahtera, 5 (44): 26- 32. Universitas Muhammadiyah Puirworejo.
Febiantria, Diana. 2019. Dear Allah. Depok: Coconut Books.
Ginanjar, Nurhayati. 2012. Pengkajian Prosa Fiksi Teori dan Praktik. Surakarta: Anonim.
Nurgiyantoro, Burhan. 2012. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Setyorini, Nurul dan Sukirno. 2019. “Nilai Moral Lingkungan Hidup dalam Cerita Rakyat Nusantara”. Jurnal Bahtera, 6(11): 508-516.
Sriwinoto, Bagiya, dan Nurul Setyorini. 2017. “Nilai Moral dalam Novel Sarongge Karya Tosca Santoso dan Skenario Pembelajarannya di SMA Kelas XI”. Jurnal Surya Bahtera, 5 (130- 134). Universitas Muhammadiyah Purworejo.
Wulandari, Bagiya, dan Nurul S. 2017. “Analisis Nilai Moral Novel Antara Cinta dan Ridha Ummi Karya Asma Nadia dan Rencana Pelaksanaan Pembelajarannya di Kelas XI SMA”. Jurnal Surya Bahtera, 5 (44): 19-25. Universitas Muhammadiyah Purworejo.
Zuriah, Nurul. 2015. Pendidikan Moral & Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan. Jakarta: Bumi Aksara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.