Analisis Nilai Moral Novel Lafaz Cinta Karya Sinta Yudisia dan Rencana Pembelajarannya di Kelas XII SMA

Iis Nurul Izah, Bagiya Bagiya, Joko Purwanto

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik; (2) nilai moral; dan (3) RPP novel Lafaz Cinta karya Sinta Yudisia di kelas XII SMA. Objek penelitian berupa aspek nilai moral. Teknik pengumpulan data berupa teknik observasi, teknik pustaka, dan teknik catat. Teknik analisis data berupa analisis isi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan (1) unsur intrinsik: (a) tema mayor: percintaan; tema minor: cinta segi tiga dan persahabatan, (b) tokoh utama: Seyla; tokoh tambahan: Pangeran Karl dan Putri Constance, (c) alur: lurus, (d) latar tempat: Groningen dan Rijsuniversiteit Groningen. Latar waktu: pagi, siang, sore, dan malam. Latar suasana: bahagia, tegang, dan sedih, (e) sudut pandang: orang ketiga serba tahu, (f) gaya bahasa: majas simile, personifikasi, dan sebagian bahasa Belanda, dan (g) amanat: jadikan masa lalu sebagai pelajaran dan saling memaafkan; (2) nilai moral: (a) manusia dengan diri sendiri: biijaksana, sikap sadar, introspeksi diri, rela berkorban, optimis, dan berpendirian, (b) manusia dengan manusia lain: tolong-menolong, berbakti kepada orang tua, keakraban, kerja sama, memuji, persahabatan, memberi semangat, persaudaraan, dan memberi nasihat, (c) manusia dengan Tuhan: beribadah, berdoa, dan bersyukur, (d) manusia dengan alam sekitar: menyayangi kucing dan memuji keindahan alam; dan (3) RPP di kelas XII SMA dengan metode Think Pair Share. Langkah: siswa mengidentifikasi unsur intrinsik dan aspek kebahasaan, bergabung dengan pasangan untuk berdiskusi, dan mempresentasikan hasil diskusi. Penilaian berupa pengetahuan, keterampilan, dan sikap.

Kata kunci: Nilai moral, novel, rencana pelaksanaan pembelajaran

Abstract: This research aims to describe: (1) intrinsic elements; (2) moral values; and (3) Lesson Plan Lafaz Cinta novel by Sinta Yudisia in the class XII Senior High School. Object of the research is moral values. Technique of the research is observation technique, library technique, and note technique. Analysis of this research is collecting data. Based on the analysis, it can be concluded that (1) intrinsic element: (a) mayor theme: love; minor theme: love triangel and friendship, (b) the main character: Seyla; added character: Prince Karl and Princess Constante, (c) plot: straight, (d) setting: Groningen and Rijsuniversiteit Groningen. Time of setting: morning, afternoon, evening, and night. Mood of the setting: happy, strained, and sad, (e) point of view: all knowing third person, (f) language style: simile figure of speech, personification, and some of Dutch language, and (g) message: make the past a lesson and forgive the other; (2) moral value: (a) human as herself: wise, awareness, introspection, willing to sacrifice, optimism, and strong determination, (b) human with other people: mutual assistance, dutiful to parents, intimacy, collaboration, praise, friendship, giving encouragement, brotherhood, giving advance, (c) human with God: worship, praying, and be grateful, (d) human with natural surroundings: loving cat, and give praise to natural; and (3) Lesson Plan in the class XII Senior High School used Think Pair Share method. Step: student identification intrinsic elements and language aspect, join with other couple to discussion, and presenting the result of discussion. Assessment in the form of knowledge, skills, and attitude.

Keywords: moral values, novel, lesson plan


Full Text:

PDF

References


Ali, Mohammad Daud. 2018. Pendidikan Agama Islam. Depok: Rajawali Pers.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ismawati, Esti. 2013. Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Ombak.

Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada Press.

Ratna, Nyoman Kutha. 2018. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Setyorini, Nurul dan Sukirno. 2019. “Nilai Moral Lingkungan Hidup dalam Cerita Rakyat Nusantara”. Jurnal Bahtera. Vol. 6, No. 11, hlm, 519-526. Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Sanata Dharma University Prees.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistiyani, Diyah, Bagiya, dan Umi. 2017. “Nilai Moral Novel Ayah Karya Andrea Hirata dan Skenario Pembelajaran di Kelas XI SMA”. Jurnal Surya Bahtera. Vol. 5, No. 44, hlm, 48-52. Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Wicaksono, Bangun, Bagiya, dan Joko Purwanto. 2017. “Nilai Pendidikan Novel Bintang pun Bertasbih Karya Eko Hartono dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaranya di Kelas XII SMA”. Jurnal Surya Bahtera. Vol. 5, No. 46, hlm, 305-309. Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Zuriah, Nurul. 2015. Pendidikan Moral dan Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan. Bumi Aksara: Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.