ANALISIS KEPRIBADIAN ISLAM TOKOH UTAMA NOVEL LANGKAH KAKI KARYA SHINEEMINKA DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DI SMA

Ai Nita Puspitasari, Kadaryati Kadaryati, Nurul Setyorini

Abstract


ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan; (1) unsur intrinsik novel Langkah Kaki karya Shineeminka, (2) kepribadian Islam novel Langkah Kaki karya Shineeminka, (3) rencana pelaksanaan pembelajaran novel Langkah Kaki karya Shineeminka di SMA. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pustaka, baca, dan catat. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sebagai instrumen utama dibantu dengan kartu pencatat data dan alat tulisnya. Teknik analisis data penelitian ini adalah dengan content analysis (analisis isi). Hasil analisis data disajikan dengan teknik informal. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: (1) unsur intrinsik novel Langkah Kaki karya Shineeminka; 2) kepribadian Islam novel Langkah Kaki karya Shineeminka yang dialami tokoh utama ketika sudah menikah, dari teori Reahnul Bahraen yang membahas sanguine, melonkolis, korelis dan plagmatis yang sesuai dengan syariat Islam; (3) rencana pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan menggunakan kurikulum 2013 yakni KD 3.9 menganalisis isi dan kebahasaan novel. Pembelajaran dengan model pembelajaran jigsaw (tim ahli). Langkah-langkah model pembelajaran jigsaw (tim ahli): (a) pendidik membagi siswa dalam beberapa kelompok, (b) tiap kelompok diberikan kesempatan untuk mempresentasikan materi, (c) setiap siswa diberi kesempatan untuk bertanya, (d) pendidik bertindak sebagai penengah.

 

Kata kunci: unsur intrinsik, kepribadian Islam, novel Langkah Kaki, rencana    pelaksanaan pembelajaran.

 

ABSTRAK: This study anlysis to describe (1) instrinsic element of the novel Langkah Kaki by Shineeminka; (2) Islamic personality of the novel Langkah Kaki by Shineeminka; (3) lesson implementasi of the novel Langkah Kaki by Shineeminka in senior high school. Data collection is done by references technique, read ard note. This research rastrument is researshers as main instrument assisted by data recording cord and stationary. The data analysis tachnique of this research is by  content analysis. The result of the data analysis sarued by informal technique. Based on the result of this study, can be concluded that (1) instrinsic element of the novel Langkah Kaki by Shineeminka; (2) Islamic personality of the novel Langkah Kaki by Shineeminka; (3) lesson implementation plan is done by use 2013 curriculum that is KD 3.9 analysis content and language of the novel. Learning with the jigsaw learning model (team of expert). Steps of jigsaw learning model (team of expert). Steps of jigsaw learning model: (a) educotor diuide student in several groups; (b) each group is assigned opportunity to presented the material; (c) every student is assigned to ask; (d) educator act as an internodiory.

Key words: instrinsic element, Islamic personality, novel Langkah Kaki, lesson implementation plan.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Al-Tabany, Trianto Ibnu Badar. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan kontekstual. Jakarta: Prenamedia Grup.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bahraen Raehanul. 2018. Psikologi Islam yang Sempurna. Yogyakarta: Muslimafiyah Publishing

Faruk.2012. Metode Penelitian Sastra Sebuah Penjelajahan Awal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Muliawan, Jasa Ungguh. 2017. 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Yogyakarta:Ar-Ruzz Media.

Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Prawira Atmaja Purwa. Psikologi Kepribadian dengan Perspektif Baru. Yogyakarta:Ar-Ruzz Media

Shinneminka. 2019. Langkah Kaki. Tegal: Grass Media.

Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.