Analisis Nilai Religius pada Novel Hijrah Terindah Karya Indah Nur Safitri dan Jaymes R dan Skenario Pembelajarannya di Kelas XI SMA

Sari Oktaviati, Bagiya Bagiya, Suryo Daru Santoso

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik novel Hijrah Terindah Karya Indah Nur Safitri dan Jaymes R; (2) nilai Religius dalam novel Hijrah Terindah Karya Indah Nur Safitri dan Jaymes R; dan (3) skenario pembelajaran nilai religius pada novel Hijrah Terindah karya Indah Nur Safitri dan Jaymes R di Kelas XI SMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kualitatif. Sumber data penelitian ini novel Hijrah Terindah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik pustaka, teknik baca, dan teknik catat. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis isi. Teknik penyajian data dilakukan dengan menggunakan teknik informal. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa (1) unsur intrinsik novel yaitu (a) tema minor: ujian hidup, depresi, dan kebimbangan perasaan, tema mayor: perjalanan seseorang dalam menemukan jati dirinya, (b) tokoh utamanya adalah Amanda, ia bersifat kasar, keras kepala, dan baik, sedangkan tokoh tambahannya adalah, Devi, Iqbal, Rama, Nafisya, Pak Rahman, dan Fais, (c) alur: maju, (d) latar dibagi menjadi 3, yaitu latar tempat, latar waktu, dan latar suasana: menyenangkan dan menyedihkan, (e) amanatnya ialah bertaubat dari dosa-dosa dan kesalahan di masa lalu dan tidak mengulanginya; (2) nilai religius dalam novel meliputi (a) hubungan manusia dengan Tuhan, (b) hubungan manusia dengan sesama manusia: (c) hubungan manusia dengan diri sendiri, (d) hubungan manusia dengan lingkungan; (3) skenario pembelajaran novel Hijrah Terindah di kelas XI SMA disesuaikan dengan KD 3.11 menganlisis pesan dari satu buku fiksi yang dibaca dan berpasangan dengan KD 4.11 menyusun ulasan terhadap pesan dari satu buku fiksi yang dibaca.

Kata kunci: nilai religius novel dan skenario pembelajaran sastra


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Astuti, Noviana Tri, Bagiya, Suryo Daru Santoso. 2018. “Nilai Religius Novel Sebening Syahadat Karya Diva Sinar Rembulan dan Rencana Pelaksanaan Pembelajarannya di Kelas XII SMA”. Jurnal Surya Bahtera, 5 (49), 6-12. Universitas Muhammadiyah Purworejo

Atmosuwito. 2010. Perihal Sastra dan Religiuitas dalam Sastra. Jakarta: Sinar Baru Algensindo

Ginanjar, Nurhayati. 2012. Apresiasi Prosa Fiksi. Surakarta: Cakrawala Media.

Khasanah, Zaimatul, Sukirno, dan Suryo Daru Santoso. 2018. “Analisis Nilai Religius pada Novel Pesantren Impiankarya Asma Nadia dan Rencana Pelaksanaannya dengan Metode Inkuiri di Kelas XI SMA”. Jurnal Surya Bahtera, 6 (55), 4-14. Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Listya Christiyanti, Reni, Bagiya, Suryo Daru Santoso. 2017. “Nilai Religius Novel Love Sparks In Korea Karya Asma Nadia dan Skenario Pembelajarannya pada Siswa Kelas XII SMA” Jurnal Surya Bahtera, 5 (47), 2-14. Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Mari’ah, Bagiya, dan Nurul Setyorini. 2017. “Nilai Religius dalam Novel Pesantren Impiankarya Asma Nadia dan Skenario Pembelajarannya di Kelas XII SMA”. Jurnal Surya Bahtera, 5 (47), 4-13. Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Moleong, Lexy J. 2004. Metodologi penelitian kulalitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mudrikah, Yanwi. 2015. “Nilai Pendidikan Islam dalam Buku Puisi Kepayang Karya Abdul Wachid BS Sebagai Sebuah Contoh Pemaknaan Puisi (Kajian Semiotika Michael Riffaterre)”. Jurnal Bahtera, 2 (03), 5-12. Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Ratumanan dan Rosmiati. 2019. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Raja Grafindo Persada.

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sahlan, Asmaun. 2012. Religiusitas Perguruan Tinggi. Malang: UIN-Maliki Press.

Sangidu. 2004. Penelitian sastra. Yogyakarta: Unit Penerbitan Sastra Asia Barat (UGM).

Sudaryanto. 2018. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Pene¬li¬ti-an Wahana Kebudayaan secara Linguistik. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.