NILAI PENDIDIKAN KARAKTER NOVEL BIDADARI BERMATA BENING KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY DALAM PEMBELAJARAN ANALISIS CERITA FIKSI DI KELAS XII SMA
Abstract
ABSTRAK: Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mendeskripsi: (1) unsur intrinsik; (2) nilai pendidikan karakter; dan (3) pembelajaran cerita fiksi novel Bidadari Bermata Bening Karya Habiburrahman El Shirazy pada siswa di kelas XII SMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini sumber data penelitian adalah novel Bidadari Bermata Bening karya Habiburrahman El Shirazy. Objek penelitian ini adalah nilai pendidikan karakter pada novel Bidadari Bermata Bening karya Habiburrahman El Shirazy. Fokus penelitian ini adalah nilai pendidikan karakter, unsur intrinsik novel Bidadari Bermata Bening dan pembelajaran cerita fiksi pada siswa kelas XII di SMA. Dalam pengumpulan data digunakan teknik pustaka. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis isi. Dalam penyajian hasil analisis data digunakan teknik penyajian informal. Hasil penelitian ini adalah: (1) unsur intrinsik dalam novel Bidadari Bermata Bening Karya Habiburrahman El Shirazy mencakup lima aspek, yaitu tema, tokoh dan penokohan, alur, latar: (a) tempat, (b) waktu, (c) suasana, (d) latar sosial, dan sudut pandang persona ketiga serba tahu. Unsur-unsur tersebut saling berhubungan dan bernilai estetik, (2) nilai pendidikan karakter yang ditemukan dalam novel tersebut, yaitu nilai religius, jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan atau nasionalisme, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif senang bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli sosial, dan tanggung jawab. Nilai pendididikan karakter tersebut berhubungan dengan tokoh dalam novel Bidadari Bermata Bening, (3) pembelajaran novel Bidadari Bermata Bening karya Habiburrahman El Shirazy di kelas XII SMA menggunakan pendekatan saintifik yaitu mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasikan, dan mengomunikasikan. Skenario pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik adalah (1) peserta didik mengamati sinopsis novel Bidadari Bermata Bening, (2) peserta didik menanyakan novel Bidadari Bermata Bening yang sudah dibaca, (3) peserta didik mencari unsur instrinsik dan nilai pendidikan karakter novel, (4) peserta didik menemukan unsur instrinsik dan nilai pendidikan karakter novel, (5) peserta didik mempresentasikan dan menanggapi presentasi kelompok lain.
Kata kunci: nilai pendidikan karakter novel dan pembelajaran cerita fiksi di SMA.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.