ANALISISIS NILAI MORAL NOVEL BIDADARI BERMATA BENING KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DENGAN METODE KUANTUM DI SMA

Eva Suciyana, Sukirno Sukirno, Bagiya Bagiya

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur-unsurintrinsik, (2) nilai moral, dan (3) rencana pelaksanaan pembelajaran novel Bidadari Bermata Bening karya Habiburrahman El Shirazy. Sumber data penelitianiniadalahteks novel Bidadari Bermata Bening karya Habiburrahman El Shirazy, Objek penelitian yang menjadi sasaran dalam sebuah penelitian yaitu nilai moral. Penelitian ini difokuskan pada unsur intrinsik dan nilai moral, teknikpengumpulan data dalampenelitianiniadalahteknik pustaka. Instrumen dalam peneliti adalah peneliti sebagai unsur pertama dibantu dengan alat tulis kartu pencatat data. Menganalisis data penulis menggunakan teknik(analisis isi) dan teknik penyajian hasil analisis menggunakan teknik informal. Dari hasilpenelitiandisimpulkan: (1) unsur intrinsik novel Bidadari Bermata Bening karya Habiburrahman El Shirazy meliputi: (a) tema terbagi menjadi dua yaitu tema mayor dan tema minor. Tema mayor seorang gadis yang menempuh perjalanan cinta yang berliku demi menggapai Ridho Allah. Tema minor terdiribeberapamasalah, yaitumasalah perjodohan, masalah perjodohan, Masalah berbakti kepada orang tua, masalah restu Ummi, dan ekonomi;(b) tokohterbagi menjadi dua yaitu tokoh utama Ayna berwatak baik, berani, sabar, suka menolong, dantokohtambahannya Neneng, Afif, Kyai Sobron, Atikah, Aripah, Kyai Yusuf, Nyai Nur Fauziyah, Darsun, Tumijah, Kusmono, Yoyok, Brams, Ibu Rosidah, Ratih, dan Ameera; (c) alur campuran; (d) latar terbagi menjadi tiga yaitu latarwaktu: pagihari, siang hari, malamhari, pukul, hari,dan bulan, latartempat:Pasar, Pesantren, Rumah Ayna, Bandara, Hotel lombok, Rumah kumuh, Rumah Ratih, Kafe, Rumah Ibu Rosidah, Bait Ibnu Sabil, Rumah sakit Sardjito dan Yordania, latar suasana: senang, marah, sedih, haru dan hening, latar Alam: cerah, hujan, panas, dan gerimis, latar sosial: Gaya hidup masyarakat perkotaan dan Gaya hidup masyarakat di Pesantren; (e) sudut pandangnya menggunakan sudut pandang orang ketiga serba tahu, dan (f) amanat: Jangan menikah karena harta duniawi, tetapi carilah yang sama-sama mendatangkan berkah; (2) nilai moral digolongkanmenjadi tiga, yaitu (a) hubungan manusia dengan Tuhan: yakni berdoa, bersyukur, mengingat Tuhan, shalat, dosa, dan puasa,(b) hubungan manusia dengan manusia lain: kekeluargaan, menghormati orang tua, menepati janji, bersahabat, menasihati, dan dermawan, (c) hubungan Manusia dengan Alam sekitar: menikmati Indahnya Alam (d) hubungan manusia dengan diri sendiri: pantang menyerah, berani, bertanggung jawab, dan kasih sayang (3) rencana pelaksanaan pembelajaran novel Bidadari Bermata BeningKarya Habiburrahman El Shirazy di SMA dilaksanakan dengan menggunakan kompetensi dasar 3.9 menganalisis isi dan kebahasaan novel dan indikator belajar sebagai tujuan pembelajaran menggunakan metode kuantum dengan langkah TANDUR.

 

Kata kunci:nilai moral, novel, rencana pelaksanaan pembelajaran


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.