ANALISIS SOSIOLOGI SASTRA NOVEL CINTA TAK BERSYARAT KARYA YETTI A.KA DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DENGAN METODE KUANTUM DI SMA
Abstract
ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur-unsurintrinsik, (2) aspek sosiologi sastra, dan (3) rencana pelaksanaan pembelajaran novel Cinta Tak Bersyarat Karya Yetti A.KA dengan metode kuantum di SMA. Objek penelitian ini adalah aspek-aspek sosiologi sastra. Penelitian ini difokuskan pada unsur intrinsik dan aspek-aspek sosiologi sastra dan rencana pelaksanaan pembelajaran. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik pustaka. Instrumen yang digunakan adalah peneliti sebagai instrument utama dibantu dengan alat tulis kartu pencatat data. Teknik analisis data digunakan teknik content analysis (analisis isi) dan teknik penyajian hasil analisis digunakan teknik informal. Dari hasil penelitian disimpulkan: (1) unsur intrinsik dalam novel Cinta Tak Bersyarat Karya Yetti A.KA yang meliputi: (a) tema mayor seorang gadis tanpa kasih sayang yang cukup dalam hidupnya, tema minor: masalah kasih sayang, dan masalah cinta yang tidak terbalas, (b) tokoh utama Krisan, dan tokoh tambahan Ibu, Ibu Tanti, Mawar, Melati, Tante Offy, Obin, Om Windo, Floires, dan Anyelir, (c) alur: campuran, (d) latar terbagi menjadi tiga yaitu (1) Latar waktu: pagi hari, siang hari, malam hari ,bulan februari, hari minggu, dan hari senin (2) Latar tempat: kampong nelayan, halaman rumah, depan pintu, kebun bunga, bawah pohon akasia, kota laut, bawah pohon mahoni, dapur, sofa, kamar, benteng Marlborough, kamar mandi, kedai kopi, meja makan, dan gedung pameran, (3) Latar situasi: kecemasan, kesedihan, dan haru (e) sudut pandang orang ketiga serba tahu, dan (f) amanat dapat yang dapat diambil salah satunya yaitu jalani hidup dengan kesabaran, karena cinta akan selalu tumbuh bagi yang memercayainya; (2) aspek-aspek sosiologi yang terdapat pada novel Cinta Tak Bersyarat Karya Yetti A.KA digolongkan menjadi empat, yaitu (a) kekerabatan, yakni kekerabatan orang tua dan anak,kekerabatan dengan sahabat, kekerabatan Krisan dengan Flo,(b) cinta kasih, yakni cinta kasih orang tua, cinta kasih kepada guru, dan cinta kasih lawan jenis, (c) moral, yakni kepergian Melati dengan laki-laki, (d) pendidikan yakni Krisan mengajar di sebuah sekolah, dan (3) rencana pelaksanaan pembelajaran Novel Cinta Tak Bersyarat Karya Yetti A.KA dengan metode kuantum di SMA dilaksanakan dengan menggunakan metode Quantum Learning dengan langkah TANDUR, Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasi, Ulangi, dan Rayakan.
Kata kunci:aspek sosiologi sastra, novel, rencanapelaksanaanpembelajaran
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.