ANALISIS KESALAHAN KEBAHASAAN PADA TEKS EKSPLANASI KARANGAN SISWAKELAS XI SMA NEGERI 1 PETANAHAN DALAM RANGKA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan bentuk-bentuk kesalahan kebahasaan apa sajakah yang terdapat pada karangan teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Petanahan Tahun Pelajaran 2017/2018, (2) skenario pembelajaran menulis teks eksplanasi dengan bahan pembelajaran analisis kesalahan kebahasaan pada karangan teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Petanahan Tahun Pelajaran 2017/2018. Dalam menganalisis data, metode yang digunakan adalah metode agih analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik lesap, teknik sisip, dan teknik ganti. Hasil analisis data disajikan dengan teknik informal. Hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) dalam karangan teks ekplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Petanahan Tahun Pelajaran 2017/2018 terdapat kesalahan fonologis (kesalahan penggunaan huruf kapital, penulisan kata, pemakaian tanda baca, dan penulisan unsur serapan), kesalahan morfologis (kesalahan bentuk kata bersufiks –kan, -nya dan bentuk kata berprefiks ber-, meng-), kesalahan leksikon (penggunaan kata yang tidak sesuai dengan makna atau penggunaan kata mubazir pada kata-kata bersinonim), kesalahan sintaktis (kesalahan struktur kalimat yang belum lengkap, penggunaan konjungtor, dan kata mubazir), dan kesalahan kewacanaan (kesalahan penalaran); (2) Skenario pembelajaran menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA dengan hasil analisis kebahasaan pada karangan teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Petanahan Tahun Pelajaran 2017/2018 sebagai bahan pembelajaran disesuaikan dengan Kurikulum 2013 dengan Kompetensi Dasar 3.4 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplanasi dan 4.4 Memproduksi teks eksplanasi secara lisan atau tulis dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan. Analisis dan mengonstruksi bahasa tersebut sesuai dengan struktur dan kaidah kebahasaan. Langkah-langkah pembelajaran analisis kesalahan kebahasaan dalam rangka pembelajaran menulis teks eksplanasi yang digunakan meliputi kegiatan mengamati contoh teks eksplansi, menanyakan hal yang belum dipahami, mengumpulkan informasi terkait teks eksplanasi, menalar dengan mendiskusikan hal-hal terkait teks eksplanasi, dan mengomunikasikan temuan berdasarkan hasil diskusi. Selanjutnya, guru melakukan penilaian atas pembelajran.
Kata Kunci : Kesalahan Kebahasaan, Teks Eksplanasi, dan Skenario Pembelajaran
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.