ANALISIS KESALAHAN KEBAHASAAN PADA TEKS EKSPLANASI KARANGAN SISWAKELAS XI SMA NEGERI 1 PETANAHAN DALAM RANGKA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Budi Prasetyo Aji, Mohammad Fakhrudin, Bagiya Bagiya

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan bentuk-bentuk ke­salahan kebahasaan apa sajakah yang terdapat pada karangan teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Petanahan Tahun Pelajaran 2017/2018, (2) skenario pembelajaran menulis teks eksplanasi dengan bahan pembelajaran analisis kesalahan kebahasaan pada karangan teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Petanahan Tahun Pelajaran 2017/2018. Dalam menganalisis data, me­tode yang digunakan adalah metode agih analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik lesap, teknik sisip, dan teknik ganti. Hasil ana­lisis data disajikan dengan teknik informal. Hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) dalam karangan teks ekplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Petanahan Tahun Pelajaran 2017/2018 terdapat kesalahan fonologis (kesalahan penggunaan huruf kapital, penulisan kata, pemakaian tanda baca, dan penulisan unsur serapan), kesalahan morfologis (kesalahan bentuk kata bersufiks –kan, -nya dan bentuk kata berprefiks ber-, meng-), kesalahan leksikon (penggunaan kata yang tidak sesuai dengan makna atau penggunaan kata mubazir pada kata-kata bersino­nim), kesalahan sintaktis (kesalahan struktur kali­mat yang belum lengkap, penggunaan konjungtor, dan kata mubazir), dan kesalahan kewacanaan (kesalahan penalaran); (2) Skenario pembelajaran menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA dengan hasil analisis kebahasaan pada karangan teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Petanahan Tahun Pelajaran 2017/2018 se­b­­a­gai ba­han pembela­jaran disesuaikan dengan Kurikulum 2013 dengan Kompe­tensi Dasar 3.4 Menganalisis  struktur dan kebahasaan teks  eksplanasi dan 4.4 Memproduksi teks eksplanasi secara lisan atau tulis dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan. Analisis dan mengonstruksi ba­hasa ter­sebut sesuai dengan struktur dan kaidah kebahasaan. Langkah-langkah pembela­­jaran analisis kesalah­an kebahasaan dalam rangka pembelajaran menulis teks eksplanasi yang digu­nakan meliputi kegi­atan menga­mati contoh teks eksplansi, menanyakan hal yang belum dipahami, mengum­pulkan informasi terkait teks eksplanasi, menalar dengan mendiskusikan hal-hal terkait teks eksplanasi, dan mengomunikasi­kan temuan berdasarkan hasil diskusi. Selan­jutnya, guru melaku­kan penilaian atas pembelajran.

Kata Kunci           : Kesalahan Kebahasaan, Teks Eksplanasi, dan Skenario Pembelajaran


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.