INTERFERENSI GRAMATIKAL BAHASA JAWA DALAM BAHASA INDONESIA PADA KARANGAN SISWA KELAS XII SMK YPE SAWUNGGALIH KUTOARJO TAHUN PELAJARAN 2017/2018 DAN RENCANA PELAKSANAAN PEBELAJARANNYA DI KELAS XII SMK

Anis Mata’at Hasanah, Bagiya Bagiya, Kadaryati Kadaryati

Abstract


ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) bentuk-bentuk interferensi gramatikal bahasa Jawa dalam bahasa Indonesia pada karangan siswa kelas XII SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo, (2) rencana pelaksanaan pembelajaran interferensi gramatikal bahasa Jawa dalam bahasa Indonesia pada karangan siswa kelas XII SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo di kelas XII SMK. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah karangan siswa kelas XII SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo tahun pelajaran 2017/2018. Objek penelitian ini adalah interferensi gramatikal dalam karangan bahasa Indonesia siswa kelas XII SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo tahun pelajaran 2017/2018. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri (human instrument). Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode simak dan teknik catat. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode padan sebagai teknik analisis data. Penyajian hasil analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode informal. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) kesalahan peluluhan kata dasar fonem yang tidak tepat terdapat 1 kesalahan, (2) kesalaha pembentukan kata dengan prefiks meng- yang berkombinasi dengan alomorf /m-/, /n-/, /ny-/, dan /ng-/ terdapat 7 kesalahan, (3) kesalahan pembentukan kata dengan konfiks ke-an terdapat 1 kesalahan, (4) kesalahan pembentukan kata dengan ater-ater {O} = zero terdapat 3 kesalahan, (5) kesalahan penggunaan bentuk –nya terdapat 11 kesalahan, (6) kesalahan penggunaan preposisi terdapat 2 kesalahan, (7) kesalahan penggunaan atributif KB + sendiri terdapat 3 kesalahan, dan (8) kesalahan penggunaan kata hubung terdapat 2 kesalahan. (9) rencana pelaksanaan pembelajaran di kelas XII SMK menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan diskusi dengan langkah-langkah kegiatan pembelajaran antara lain, pendahuluan, tahap inti, dan penutup.

Kata kunci: interferensi gramatikal, karangan, rencana pelaksanaan pembelajarannya.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.