ANALISIS INTERTEKSTUAL NOVEL HUJAN KARYA TE¬RE LIYE DENGAN NOVEL CINTA DALAM IKHLAS KARYA KANG ABAY DAN SKENARIO PEMBE¬LAJARANNYA DI KELAS XII SMA
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) unsur intrinsik; (2) persamaan dan perbedaan; (3) hipogram dan transformasi; (4) skenario pembelajaran membandingkan karya sastra novel Hujan karya Tere Liye dengan novel Cinta dalam Ikhlas karya Kang Abay di kelas XII SMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi. Teknik penyajian hasil analisis data menggunakan teknik penyajian informal. Dari pembahasan hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) Unsur intrinsik novel Hujan dan novel Cinta dalam Ikhlas terdiri dari (a) tema, (b) tokoh dan penokohan, (c) alur, (d) latar, (e) sudut pandang, dan (f) amanat. (2) Persamaan novel Hujan dan novel Cinta dalam Ikhlas yaitu pada tema, alur, latar (waktu), dan amanat, sedangkan perbedaannya yaitu pada tokoh dan penokohan, latar (tempat dan sosial), dan sudut pandang. (3) Hipogram novel Hujan dan novel Cinta dalam Ikhlas meliputi ekspansi, konversi, modifikasi, dan eksperp. Sementara itu, transformasi novel Hujan dan novel Cinta dalam Ikhlas meliputi pengubahan, penyesuian, perbaikan, dan perlengkapan (4) Skenario pembelajaran menggunakan metode kooperatif dan model tim ahli dengan langkah-langkah berikut (a) peserta didik menerima penjelasan mengenai tujuan dan materi pembelajaran; (b) peserta didik dibagi menjadi 6 kelompok berisi 5 peserta didik kemudian peserta didik mendalami materi. (c) Selanjutnya, pendidik memilih salah satu peserta didik menjadi tim ahli yang berputar bertamu kepada kelompok lain; (d) peserta didik diberi kesempatan untuk mempresentasikan yang sudah dipresentasikan tim ahli; dan (e) pendidik memberikan apresiasi kepada peserta didik.
Kata kunci : intertekstual, novel, skenario pembelajaran.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.