ANALISIS TINDAK TUTUR DIREKTIF DAN EKSPRESIF DALAM DIALOG FILM TAUSIYAH CINTASUTRADARA HUMAR HADI DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA
Abstract
Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) bentuk tindak tutur direktif; (2) bentuk tindak tutur ekspresif dialog film Tausiyah Cinta sutradara Humar Hadi; dan (3) skenario pembelajaran tindak tutur direktif dan ekspresif dalam dialog film Tausiyah Cinta sutradara Humar Hadi di kelas XI SMA. Objek penelitian ini berupa tindak tutur direktif dan ekspresif dalam film Tusiyah Cinta sutradara Humar Hadi. Penelitian ini difokuskan pada analisis tindak tutur direktif dan ekspresif dalam film Tausiyah Cinta sutradara Humar Hadi dan skenario pembelajarannya di kelas XI SMA. Sumber data dalam penelitian ini adalah film Tausiyah Cinta. Dalam pengumpulan data digunakan teknik simak dan catat.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dibantu dengan kartu pencatat. Teknik analisis data yang penulis gunakan adalah teknik daya pilah pragmatis.Dari penelitian ini disimpulkan bahwa (1) bentuk tindak tutur direktif yang terdapat dalam dialog film Tausiyah Cinta meliputi lima bentuk, yaitu lima tindak tutur direktif mengajak, tiga tindak tutur direktif meminta, enam tindak tutur direktif menyuruh, enam tindak tutur direktif memohon, dan empat tindak tutur direktif menyaranan; (2) bentuk tindak tutur ekspresif yang terdapat dalam dialog film Tausiyah Cinta sutradara Humar Hadi meliputi enam bentuk, yaitu tiga tindak tutur ekspresif memuji, tiga tindak tutur ekspresif menyalahkan, dua tindak tutur ekspresif mengucapkan selamat, 26 tindak tutur ekspresif mengucapkan terima kasih, tiga tindak tutur ekspresif mengkritik, dan dua tindak tutur ekspresif mengeluh; dan (3) skenario pembelajaran tindak tutur direktif dan ekspresif dalam dialog film Tausiyah Cintadi kelas XI SMAberdasarkan KD. 3.19 menganalisis isi dan kebahasaan drama/film yang dibaca atau ditonton dengan menggunakan model Jigsaw. Langkah-langkah pembelajarannya meliputi (a) guru memberi materi; (b) guru menanyangkan Film Tausiyah Cinta; (c) guru memberi penjelasan model pembelajaran Jigsaw; (d) peserta didik dibagi kelompok menjadi dua, kelompok asal dan ahli; (e) setiap kelompok ahli mendiskusikan pertanyaan yang diberikan oleh guru; (f) setiap kelompok ahli kembali ke kelompok asalnya masing-masing dan mendiskusikan semua jawaban yang telah didapat di kelompok ahli; (g) peserta didik mempresentasikan hasil kerjanya di depan kelas.
Kata Kunci: tindak tutur direktif dan ekspresif,film, skenario pembelajaran
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.