NILAI MORALDALAM NOVEL BIDADARI BERMATA BENINGKARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZYDAN SKENARIO PEMBELAJARANNYADI KELAS XII SMK
Abstract
Abstrak: penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) unsur intrinsik, (2) nilai moral, dan (3) skenario pemebelajaran sastra dalam novel Bidadari Bermata Bening Karya Habiburrahman El Shirazy di kelas XII SMK. Sumber data diperoleh dari novel Bidadari Bermata Bening Karya Habiburrahman El Shirazy. Fokus penelitian ini berupa nilai moral yang terdapat pada novel Bidadari Bermata Bening Karya Habibburrahman El Shirazy. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi. Teknik analisis data dilakukan dengan metode analisis isi. Dalam penyajian hasil digunakan teknik penyajian informal. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) unsur intrinsik meliputi: (a) tema mayor: ketabahan seorang gadis; dan tema minor: masalah fitnah, masalah perjodohan, dan Masalah keluarga; (b) tokoh dan penokohan, tokoh utama: Ayna berwatak: cerdas, kuat, tanggung jawab, dan religius; yang di dukung oleh beberapa tokoh tokoh tambahan meliputi: Bu Nyai Fauziah, Gus Asif, Mba Ningrum, Zulfa, Atikah, Pak Kusmono, Neneng, Aripah, Bu Rosidah, dan Pak Kyai Sobron; (c) alur maju-mundur; (d) latar: tempat meliputi Yogyakarta, hotel UGM, rumah Ayna, rumah Bu Rosidah, pesantren, masjid, pasar pahing secang, bait ibni sabil, Stasiun Balapan Solo, dan Bandara Ahmad Yani, waktu meliputi: pagi, siang, sore, dan malam, suasana: tegang, bahagia, dan sedih, sosial: kehidupan di pesantren dan kehidupan anak jalanan; (e) sudut pandang: persona ketiga tunggal jamak; (f) amanat: bersabar adalah kunci kesuksesan dan selalu menjaga tali silaturahmi; (2) nilai moral meliputi: (a) hubungan manusia dengan Tuhan meliputi: berdoa, bersyukur, ibadah, taat, dan tawakal (b) hubungan manusia dengan manusia lain meliputi: dermawan, menasehati, peduli, dan membangun ukhuwah (c) hubungan manusia dengan alam sekitar meliputi: menjaga lingkungan (d) hubungan manusia dengan diri sendiri meliputi: istiqomah, jujur, rela berkorban, dan tanggung jawab; dan (3) Skenario pembelajaran novel dilaksanakan dengan materi nilai moral pada novel Bidadari Bermata Bening karya Habiburrahman El Shirazy berfokus pada aspek membaca. Dilakukan dengan model kooperatife tipe group investigation berbasis saintifik dan menggunakan metode pembelajaran: ceramah, diskusi, Tanya jawab, dan pemberian tugas.
Kata kunci : nilai moral, novel, skenario pembelajaran SMK
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.