KAJIAN FONOLOGI DAN MORFOLOGI POSTER DALAM MADING UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI KELAS VIII SMP

Novaliana Ardani, Bagiya Bagiya, Suryo Daru Santoso

Abstract


ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penggunaan tataran fonologi pada poster dalam Mading UMP, (2) proses morfologik poster dalam Mading UMP, dan (3) skenario pembelajarannya di kelas VIII SMP. Sumber data penelitian ini berupa kata-kata, frasa, maupun kalimat dalam poster pada Mading UMP. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik rekam, teknik analisis data digunakan metode agih dengan teknik ganti dan sisip. Instrumen penelitian ini berupa kartu pecatat data dan alat tulis. Dalam penyajian hasil analisis digunakan teknik informal. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) poster dalam Mading UMP berdasarkan kajian fonologi masih terdapat penyimpangan, yakni a) perubahan fonem, b) penambahan fonem, dan c) penghilangan fonem, (2) kalimat pada poster dalam Mading UMP terdapat proses morfologik, yakni a) proses afiks, yaitu prefiksasi dan sufiksasi, b) afiks produktif, yaitu simulfiksasi, dan c) proses morfofonemik. Penyimpangan tataran fonologi pada poster dalam Mading UMP dilakukan penulis poster dengan tujuan memberi kesan unik dan menarik minat pembaca. Penyimpangan tataran fonologi termasuk penyimpangan bahasa yang ditemukan dalam penelitian ini dan proses morfologik pada poster dalam Mading UMP termasuk dalam bidang bahasa pembentukan kata yang ditemukan pada penelitian ini, (3) dalam skenario pembelajaran fonologi dan morfologi sesuai dengan KD 3.4 menelaah pola penyajian dan kebahasaan teks iklan, slogan, atau poster (yang  membuat  bangga  dan  memotivasi)  dari sumber  yang  dibaca  dan didengar, dilakukan dengan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated and Reading Composition). Langkah-langkah pembelajaran: memberikan materi tentang poster, membentuk kelompok beranggota 4 siswa yang ditentukan berdasarkan peringkat nilai tertinggi ke terendah, menugaskan membaca dan memberi tanggapan pada teks poster, bekerjasama mengerjakan tugas berkaitan dengan unsur kebahasaan dalam teks poster, mempresentasikan hasil kerja kelompok, setelah itu guru dan siswa membuat simpulan hasil belajar. Evaluasi yang dilakukan dengan evaluasi aspek kognitif, aspek psikomotorik, dan aspek afektif.

Kata Kunci: fonologi, morfologi, poster Mading, dan skenario pembelajaran


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.