KEEFEKTIFAN MODEL PICTURE AND PICTURE DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMK NEGERI 7 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2018/2019
Abstract
Abstrak: tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) keefektifan model pembelajaran picture and picture terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas X SMK Negeri 7 Purworejo tahun pelajaran 2018/2019; (2) keefektifan model pembelajaran problem based learning terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas X SMK Negeri 7 Purworejo tahun pelajaran 2018/2019; (3) perbandingan kemampuan siswa dalam pembelajaran menulis puisi pada kelas X SMK negeri 7 Purworejo tahun pelajaran 2018/2019 yang diajar dengan model pembelajaran picture and picture dan yang diajar dengan model pembelajaran problem based learning. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif eksperimen semu dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas X BB 1 sebagai kelas dengan model pembelajaran picture and picture dan siswa kelas X BB 2 sebagai kelas dengan model pembelajaran problem based learning dengan masing-masing berjumlah 36 siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentase kuesioner siswa meningkat lebih baik setelah menggunakan model problem based learning dibandingkan dengan menggunakan model picture and picture. Hal tersebut ditunjukkan dengan meningkatnya motivasi berdasarkan orientasi keberhasilan meningkat 20,6%, antisipasi kegagalan 17,5%, inovasi 26,6%, dan tanggung jawab 35%. Selain itu, nilai yang didapat pretest dan posttest model pembelajaran problem based learning (0,187 dan 0,119) dan pretest san posttest kelompok model pembelajaran picture and picture (0,899 dan 0,393) berdistribusi normal. Hasil uji hipotesis dengan uji t dua pihak pada signifikansi model pembelajaran picture and picture diperoleh ttabel sebesar 1,692 dan Sig. (0.901) <thitung jatuh pada penerimaan ttabel yakni thitung (0.125) > ttabel (1.692) atau thitung(-0.125) < -ttabel (-1.692) dan hasil thitung (-6.606) <-ttabel (1.692) menunjukkan bahwa model pembelajaran problem based learning berpengaruh terhadap keterampilan menulis puisi; (3) hasil thitung (4,229)>ttabel atau thitung (-4.229) >ttabel (1,692). Oleh karena itu, dapat dikemukakan bahwa nilai keterampilan menulis puisi siswa yang diajar dengan model pembelajaran problem based learning lebih efektif digunakan dari siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran picture and picture.
Kata kunci :picture and picture, problem based learning, menulis puisi.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.