ANALISIS TINDAK TUTUR DIREKTIF DAN EKSPRESIF PADA FILM MY IDIOT BROTHER KARYA ALYANDRA DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA

Azizah Diah Pangesti, Bagiya Bagiya, Kadaryati Kadaryati

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) tindak tutur direktif pada film My Idiot Brother karya Alyandra; (2) tindak tutur ekspresif pada film My Idiot Brother karya Alyandra; dan (3) skenario pembelajaran tindak tutur bagi siswa kelas XI SMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kualitatif. Fokus penelitian ini adalah penggunaan tindak tutur direktif dan ekspresif pada film My Idiot Brother karya Alyandradan skenario pembelajarannya di kelas XI SMA. Sumber data dalam penelitian ini adalah film My Idiot Brother karya Alyandra. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik simak bebas libat cakap (SBLC), teknik transkripsi data, dan teknik catat. Analisis data dilakukan dengan metode analisis isi. Teknik penyajian data dilakukan dengan menggunakan teknik informal. Dari hasil penelitian ini disimpulkan: (1) tindak tutur direktif pada film My Idiot Brother karya Alyandraya itu sebanyak 48 tuturan yang terbagi menjadi menyuruh 18 tuturan, meminta 15 tuturan, mengajak 13 tuturan, menyarankan 1 tuturan, dan menantang 1 tuturan; (2) tindak tutur ekspresif pada film My Idiot Brother karya Alyandrayaitu sebanyak 34 tuturan yang terbagi menjadi mengucapkan selamat 8 tuturan, mengucapkan terima kasih 13 tuturan, menyalahkan 4 tuturan, dan mengeluh 9 tuturan; dan (3) skenario pembelajaran tindak tutur bagi siswa kelas XI SMA dilaksanakan dengan dasar KD 3.19 menganalisis isi dan kebahasaan drama yang dibaca atau ditonton dengan model pembelajaran pemecahan masalah (problem solving). Kegiatan pembelajaran dilakukan dengan tahap pendahuluan, guru mengondisikan keadaan siswa agar siap untuk menerima materi pelajaran yang disampaikan. Selanjutnya, pada tahap inti guru menjelaskan materi pembelajaran tentang tindak tutur direktif dan ekspresif pada film My Idiot Brother karya Alyandra. Selanjutnya, pada tahap inti, dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran pemecahan masalah (problem solving), guru menyuruh siswa untuk berkelompok memecahkan masalah yaitu menentukan dialog yang termasuk tindak tutur direktif dan ekspresif pada film. Dalam tahap penutup, guru merefleksi kegiatan pembelajaran untuk membangun karakter siswa.

 

Kata kunci: tindak tutur direktif, ekspresif, film, dan skenario pembelajaran


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.