ANALISIS SOSIOLOGI SASTRA NOVEL MATAHARI KARYA TERE LIYE DAN SKENARIO PEMBELAJARAN MENULIS DI KELAS XII SMK

Uty Puspitasari, Kadaryati Kadaryati, Bagiya Bagiya

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) struktur novel Matahari karya Tere Liye; (2) aspek–aspek sosiologi sastra; (3) hubungan antaraspek sosiologi sastra; dan (4) skenario pembelajaran menulis dalam pengajaran sastra novel Matahari karya Tere Liye di kelas XII SMK. Objek penelitian adalah novel Matahari karya Tere Liye. Fokus penelitian pada struktur karya sastra, aspek–aspek sosiologi sastra serta hubungan an–taraspek sosiologi sastra, dan skenario pembelajaran menulis dalam pengajaran sastra novel Matahari karya Tere Liye di kelas XII SMK. Sumber data penelitian adalah novel Matahari. Pengumpulan data dengan teknik baca, simak, dan catat. Analisis data dengan teknik analisis isi dan penyajian hasil analisis data digunakan teknik informal. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) struktur novel Matahari karya Tere Liye, yaitu: a) te–ma: persahabatan tiga remaja; b) tokoh dan penokohan, yaitu: 1) tokoh utama: Raib se–orang remaja penuh prasangka dan tidak pantang menyerah; Seli sosok perhatian dan selalu berpikir positif; dan Ali pemuda jenius dan cerdas serta 2) tokoh tambahan: orang tua Raib dan Seli, Faarazaraaf, dan Marsekal Laar; c) alur: maju–mundur; d) latar dibagi tiga: (1) latar tempat: sekolah, rumah Raib, lembah hijau, kota Zaramaraz, dan markas Dewan Kota; (2) latar waktu: pagi, siang, dan malam; dan (3) latar sosial–budaya ber–kaitan dengan masalah penamaan tokoh; e) sudut pandang: orang pertama serba tahu; dan f) amanat: persahabatan di atas segalanya dan hal paling utama; (2) aspek–aspek sosiologi sastra novel Matahari karya Tere Liye ada tiga aspek, yaitu: a) aspek kekera–batan: hubungan orang tua dengan anak; tiga sahabat, Raib dengan orang tua dari saha–batnya, dan tiga sahabat dengan orang lain; b) aspek moral: berprasangka buruk dan baik terhadap sahabat sendiri, kejujuran orang tua kepada anaknya, dan saling mem–bantu sahabat ketika kesulitan; dan c) aspek cinta kasih: cinta kasih orang tua kepada anaknya, sahabat, dan orang lain; (3) hubungan antaraspek sosiologi sastra novel Matahari karya Tere Liye: a) aspek kekerabatan dan moral: orang tua angkat baik, sahabat saling membantu, dan orang lain suka menolong; b) aspek kekerabatan dan cinta kasih: orang tua angkat menyayangi seperti anak kandungnya, sahabat saling mengasihi satu sama lain, dan orang lain mengasihi sepenuh hati; dan c) aspek moral dan cinta kasih: kebaikan hati orang tua yang tulus dalam menyayangi anaknya meski bukan anak kandungnya; dan (4) skenario pembelajaran menulis dalam pengajaran sastra novel Matahari karya Tere Liye di kelas XII SMK dilaksanakan dengan Kompetensi Dasar 3.9 Menganalisis isi dan kebahasaan novel dengan menggunakan.

Kata kunci: sosiologi sastra, novel, skenario pembelajaran SMK.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.