ANALISIS PENDIDIKAN KARAKTER NOVELSABTU BERSAMA BAPAK KARYA ADHITYA MULYA DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DENGAN MODEL TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT AND DIVISION DI SMA

Nur Aini, Sukirno Sukirno, Nurul Setyorini

Abstract


Abstrak: Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik dalam novel Sabtu  Bersama Bapak; (2) nilai pendidikan karakter novel Sabtu Bersama Bapak; dan (3) rencana pelaksanaan pembelajaran novel Sabtu Bersama Bapak sebagai bahan pembelajaran sastra di SMA. Penelitian ini merupa­kan penelitian deskripsi kualitatif. Fokus penelitian ini adalah nilai pendidikan karak­ter novel Sabtu Bersama Bapak karya Adhitya Mulya. Data yang digunakan adalah keseluruhan teks novel dan buku tambahan  tentang sastra, dan pendidikan karak­ter. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik studi pustaka. Instru­men penelitian  yang digunakan adalah peneliti itu sendiri dibantu dengan buku pencatat data. Analisis data dilakukan dengan metode analisis isi. Teknik penyajian hasil analisis dengan teknik informal. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) unsur intrinsik dalam novel Sabtu Bersama Bapak sebagai berikut; (a) tema fisik (percinta­an), tema organik/moral (masalah keluarga); (b) tokoh dan penokohan, tokoh utamanya adalah Cakra: laki-laki yang pintar dan bijkasana, sedangkan tokoh tam­bahannya, yaitu Ibu Itje: seorang ibu yang baik dan sayang kepada anaknya, pak Gunawan: seorang sumi yang bak dan bijaksana, Satya: seorang ayah yang mudah marah namun sayang pada anaknya, Rissa: seorang istri ibu yang baik, Ryan: anak yang baik pada orang tuanya, Dani: anak kecil yag polos, Miku: anak kecil yang  ma­sih sangat polos. Ayu: wanita cantik, baik dan pintar, Salman:  laki-laki pintar dalam hal pekerjaannya dan pintar dalam menarik hati perempuan; (c) alur yang digunakan yaitu alur campuran; (d) latar tempat, latar waktu, dan latar suasana; dan (e) sudut pandang dalam novel ini yaitu sudut pandang orang ketiga serba tahu; (2) nilai pendidikan karakter dalam novel Sabtu Bersama Bapak ada enam belas yaitu:  religi­us, jujur, toleransi, disiplin, kerja, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab. (3) rencana pelaksanaan pembelajaran novel Sabtu Bersama Bapak karya Adhitya Mulya menggunakan  model Tipe  Student Team Achievement and Division (STAD). Evaluasi yang digunakan dalam pembelajar­an ini yaitu tertulis dengan menggunakan tes esai.

 

Kata Kunci: novel, nilai pendidikan karakter, rencana pelaksanaan pembelajaran


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.