ANALISIS SOSIOLOGI SASTRA NOVEL PEREMPUAN KARYA MAMAN SUHERMAN DAN RENCANA PELAKSAAN PEMBELAJARANNYA DENGAN METODE THINK TALK WRITE DI KELAS XII SMK
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik novel, (2) aspek-aspek sosiologi sastra, (3) hubungan antara aspek sosiologi sastra, dan (4) rencana pelaksanaan pembelajaran dengan metode Think Talk Write kelas XII SMK. Sumber data penelitan ini adalah novel Perempuan karya Maman Suherman. Objek penelitian ini adalah sosiologi sastra novel tentang unsur intrinsik, aspek sosiologi, hubungan aspek sosiologi dan rencana pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini difokuskan pada aspek-aspek sosiologi sastra novel Perempuan karya Maman Suherman. Dalam penelitian ini, data dikumpulkan dengan teknik pustaka. Instrumen penelitian adalah peneliti menggunakan kartu pencatat data dan alat tulis. Teknik analisis data penulis menggunakan teknik analisis isi. Teknik penyajian data penulis menggunakan teknik informal.Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) unsur intrinsik novel Perempuan karya Maman Suherman terdiri atas: (a) tema minor: mencari informasi Ibu kandung tema mayor: mencari Ibu kandung,(b) tokoh dan penokohan tokoh utama: Aku dan tokoh tambahan: Bu Marlina, Rere, Melur, (c) alur dalam novel Perempuan adalah alur maju (d) latar terdiri dari latar tempat: Tokyo, taman kampus. Latar waktu: pagi, siang, sore; latar sosial yang digunakan adalah keyakinan dan kebudayaan (e) sudut pandang orang pertama “Aku”, (f) amanat selalu berdoa untuk orang tua (2) aspek sosiologi sastra antara lain: aspek cinta kasih Rere dengan Melur, aspek perekonomian Melur dan Bu Marlina tingkat menengah kebawah, aspek moralitas: perbuatan yang tidak baik oleh PSK, aspek kekerabatan Bu Marlina dengan Rere, aspek pendidikan: lulusan S2 (3) hubungan antara aspek sosiologi (a) aspek kekerabatan dengan cinta kasih Rere dengan keluara Bu Marlina, (b) aspek pendidikan dengan moralitas seorang anak PSK meraih gelar Phd (4) rencana pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Think, Talk, and Write (TTW). Langkah-langkah pembelajaran (a) siswa melakukan pengamatan mengenai unsur intrinsik, (b) siswa mempertanyakan mengenai aspek-aspek sosiologi sastra, (c) siswa mencari data yang diperlukan untuk meneliti aspek-aspek sosial yang ditemukan dalam novel, (d) siswa membuat atau menulis laporan berdasarkan data yang telah di peroleh, (e) siswa mempresentasikan hasil laporan yang telah di buat.
Kata kunci: sosiologi sastra, novel, rencana pelaksanaan pembelajaran, dan
think talk write
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.