KAJIAN DEKONSTRUKSI NOVEL TENTANG KAMU KARYA TERE LIYE DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA

Novem Dwi Nur K, Kadaryati Kadaryati, Joko Purwanto

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) makna umum yang sudah diketahui oleh pembaca tentang novel Tentang Kamu karya Tere Liye; (2) dekonstruksi tema novel Tentang Kamu karya Tere Liye; (3) dekonstruksi tokoh dan penokohan novel Tentang Kamu karya Tere Liye; dan (4) rencana pelaksanaan pembelajaran novel Tentang Kamu karya Tere Liye di kelas XI SMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini adalah kajian dekonstruksi novel Tentang Kamu karya Tere Liye dan rencana pelaksanaan pembelajarannya di kelas XI SMA. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik pustaka dan teknik catat. Teknik yang digunakan untuk menganalisis adalah teknik analisis isi. Teknik yang digunakan dalam penyajian hasil analisis adalah teknik penyajian informal. Hasil penelitian ini meliputi: a) tema mayor yang selama ini ditetapkan oleh peneliti pendahulu dan pembaca adalah pengacara muda yang diberi mandat untuk membantu kliennya menemukan ahli waris, setelah didekonstruksi diperoleh tema mayor yakni perjuangan meraih cita-cita, sedangkan tema minor yang selama ini ditetapkan oleh peneliti pendahulu dan pembaca meliputi; masalah kesabaran, masalah persahabatan, masalah pengkhianatan, dan masalah percintaan, setelah didekonstruksi diperoleh tema minor meliputi; masalah emosional, masalah kekeluargaan, masalah loyalitas, dan masalah kegigihan, b) tokoh dan penokohan meliputi; (1) selama ini tokoh Sri Ningsih ditetapkan peneliti pendahulu dan pembaca berwatak sabar, pintar, dan pantang menyerah, setelah didekonstruksi tokoh Sri Ningsih berwatak emosional, bodoh, dan pesimis; (2) selama ini tokoh Zaman Zulkarnaen ditetapkan peneliti pendahulu dan pembaca berwatak pantang menyerah dan pintar, setelah didekonstruksi tokoh Zaman Zulkarnaen berwatak mudah berputus asa dan licik; (3) selama ini tokoh Nugroho ditetapkan peneliti pendahulu dan pembaca berwatak penyayang, setelah didekonstruksi tokoh Nugroho berwatak antipati; (4) selama ini tokoh La Golo ditetapkan peneliti pendahulu dan pembaca berwatak cerewet, setelah didekonstruksi tokoh La Golo berwatak pendiam; (5) selama ini tokoh Pak Tua/Ode ditetapkan peneliti pendahulu dan pembaca berwatak cekatan, setelah didekonstruksi tokoh Pak Tua/Ode berwatak setia; (6) selama ini tokoh Nusi Maratta ditetapkan peneliti pendahulu dan pembaca berwatak kasar dan jahat, setelah didekonstruksi tokoh Nusi Maratta berwatak lembut dan baik hati; (2) rencana pelaksanaan pembelajaran novel Tentang Kamu karya Tere Liye di kelas XI SMA dilaksanakan dengan menggunakan kompetensi dasar 3.11 Menganalisis pesan dari satu buku fiksi yang dibaca.

Kata kunci: dekonstruksi, rencana pelaksanaan pembelajaran


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.