NILAI PENDIDIKAN AKHLAK NOVEL CINTA DUA KODI KARYA ASMA NADIA DAN SKENARIO PEMBELAJARANYA DI KELAS XII SMA

Amir Salis Hidayat, Bagiya Bagiya, Umi Faizah

Abstract


Abstrak: Tujuan  penelitian ini adalah  mendeskripsikan (1) unsur intrinsik, (2) nilai pendidikan akhlak, (3) unsur kebahasaan, dan (4) skenario pembelajaran  novel Cinta Dua Kodi karya Asma Nadia di kelas XII SMA. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Cinta Dua Kodi karya Asma Nadia. Objek penelitian ini adalah unsur instrinsik, nilai pendidikan akhlak, dan kebahasaan yang terdapat dalam novel Cinta Dua Kodi. Fokus penelitian ini adalah unsur instrinsik, nilai pendidikan akhlak, unsur kebahasaan, dan skenario pembelajaran novel Cinta Dua Kodi karya Asma Nadia di kelas XII SMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan teknik catat. Instrumen penelitian menggunakan kartu pencatat data. Teknik analisis data dilakukan secara content analysis. Teknik penyajian hasil analisis adalah teknik informal. Hasil penilitian ini dapat disimpulkan: (1) unsur instrinsik novel Cinta Dua Kodi karya Asma Nadia meliputi: (a) tema: cobaan yang bertubi-tubi dalam berkeluarga, (b) tokoh utama: Kartika berwatak amanah ketika berjanji; tokoh tambahan Aryani, Bagya, Farid, Anton, Deni, Suci, Mak Ijah dan yang lainya (c) alur: maju, (d) latar tempat: Jakarta, rumah, kos Kartika, sekolah, dan masjid; latar waktu: September, malam hari, siang hari, dan sore hari;  latar sosial: kebiasaan hidup bekerja keras dan adat istiadat budaya Minang (e) amanat: hendaknya manusia selalu bertawakal kepada Allah; (2) nilai pendidikan akhlak meliputi: (a) akhlak kepada Allah: takwa, solat, ikhlas, syukur, dan taubat, (b) akhlak pribadi: shidiq (jujur), amanah, iffah (menjaga kehormatan diri), dan sabar, (c) akhlak dalam berkeluarga: birrul walidain (berbuat baik kepada kedua orang tua), hak, kewajiban dan kasih sayang suami istri, dan kasih sayang dan tanggung jawab orang tua terhadap anak; (3) unsur kebahasaan meliputi: (a) majas, (b) peribahasa, dan (c) ungkapan; (4) skenario pembelajaran dilaksanakan menggunakan model pembelajaran discovery learning, langkah-langkah pembelajaranya meliputi: (a) guru membuka pelajaran dengan salam, (b) guru memberi tugas siswa membaca novel Cinta Dua Kodi karya Asma Nadia, (c) guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok untuk menganalisis unsur instrinsik, kebahasaan dan nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam novel Cinta Dua Kodi karya Asma Nadia, (d) guru memberikan kesempatan kepada perwakilan setiap kelompok untuk mempresentasikan hasil analisisnya, (e) guru memberikan kesempatan kepada siswa lainya untuk bertanya setelah kegiatan presentasi selesai, (f) guru mengomentari hasil presentasi yang telah dilakukan, (g) guru menyimpulkan kegiatan pembelajaran.

Kata kunci : nilai pendidikan akhlak, novel, skenario pembelajaran, dan model discovery learning.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.