ANALISIS KEARIFAN LOKAL NOVEL KALAMATA KARYA NI MADE PURNAMA SARI DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI KELAS XII SMK

Taufan Candra Sentausa, Kadaryati Kadaryati, Nurul Setyorini

Abstract


Abstrak: penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi: (1) struktur novel Kalamata karya Ni Made Purnama Sari; (2) nilai kearifan lokal pada novel Kalamata karya Ni Made Purnama Sari; dan (3) skenario pembelajaran struktur novel dan nilai kearifan lokal novel Kalamata karya Ni Made Purnama Sari di kelas XII SMK. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini adalah nilai kearifan lokal pada novel Kalamata dan skenario pembelajarannya di kelas XII SMK. Sumber data penelitian ini adalah novel Kalamata. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis isi. Teknik penyajian data dilakukan dengan menggunakan teknik informal. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa (1) struktur novel Kalamata, yaitu (a) tema mayor: kisah perjuangan hidup dua orang wanita Bali, tema minor: kehidupan adat di Bali dan kesetiakawanan seorang sahabat, (b) tokoh utamanya adalah tokoh aku atau Made dan Ni Rumyig, tokoh aku digambarkan sebagai tokoh yang baik hati dan sabar sedangkan Ni Rumyig digambarkan sebagai tokoh yang pantang menyerah dan pandai, sedangkan tokoh tambahannya adalah Irana, Prof. Beck, Metta, Novi, Made Raka, Yanti, Pak Win, dan Wayan Balik, (c) alur: maju, (d) latar dibagi menjadi 3, yaitu latar tempat: Tilburg, Bali, rumah sakit, dan Toya Bungkah, latar waktu: pagi, sore, dan malam, latar suasana: sunyi dan tegang, (e) sudut pandang: orang pertama pelaku utama, (f) amanat: jangan pernah merasa tinggi hati walaupun sudah sukses, nasib seseorang tidak akan pernah berubah kecuali seseorang itu merubahnya, dan selalu berjuang serta berusaha untuk menggapai cita-cita, (2) nilai kearifan lokal pada novel Kalamata karya Ni Made Purnama Sari meliputi (a) aspek religi: agama hindu, (b) aspek kebudayaan: tradisi di Bali dan kesenian di Bali, (c) aspek bahasa: bahasa Bali dan bahasa Jawa, (d) aspek mata pencaharian: juru dalang wanita dan pembuat kerajinan wayang kulit, (3) skenario pembelajaran novel Kalamata di kelas XII SMK dengan tahap pendahuluan guru mengondisikan keadaan siswa agar siap untuk menerima materi pelajaran yang akan disampaikan. Satu minggu sebelum pembelajaran dimulai siswa diminta untuk membaca novel Kalamata agar dapat memahami isi novel. Kemudian, guru membentuk kelompok kecil yang terdiri atas 4-5 siswa. Selanjutnya, guru membagi sinopsis novel Kalamata untuk membantu siswa mengingat kembali isi novel. Selanjutnya, siswa diminta untuk menganalisis struktur dan nilai kearifan lokalnya. Siswa yang unggul memimpin diskusi kelompok. Setelah itu, masing-masing kelompok mempresentasikan hasil pekerjaannya.Tahap penutup guru merefleksi kegiatan pembelajaran.

 

Kata kunci : nilai kearifan lokal dan skenario pembelajaran sastra


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.