ANALISIS TINDAK TUTUR EKSPRESIF PADA DIALOG INTERAKTIF ACARA ROSI KOMPAS TV DAN RELEVANSINYA DALAM RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBICARA PADA SISWA KELAS XII SMA

Nurul Hilal, Sukirno Sukirno, Nurul Setyorini

Abstract


Abstrak: penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) bentuk tindak tutur ekspresif dialog interaktif acara Rosi di Kompas TV yang bertemakan Habibie, kemerdeka-an, dan cinta yang disiarkan Kamis, 17 Agustus pukul 19.30 WIB sampai 21.00 WIB; (2) relevansi dalam rencana pelaksanaan pembelajaran keterampilan berbi-cara dengan media dialog interaktif acara Rosi di Kompas TV yang bertemakan Habibie, kemerdekaan, dan cinta pada siswa kelas XII SMA. Objek penelitian ini adalah tuturan pada pembicara dalam dialog interaktif acara Rosi di Kompas TV yang bertemakan Habibie, kemerdekaan, dan cinta yang disiarkan Kamis, 17 Agustus pukul 19.30 WIB sampai 21.00 WIB, dengan fokus penelitian tindak tutur ekspresif dalam dialog interaktif tersebut yang terdiri dari jenis tindak tutur ekspresif dan relevansinya dalam rencana pelaksanaan pembelajaran berbicara pada siswa kelas XII SMA. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah metode padan. Teknik penyajian data yang digunakan adalah teknik anali-sis informal. Berdasarkan penelitian ditemukan (1) bentuk tindak tutur ekspresif dalam dialog interaktif acara Rosi di Kompas TV yang bertemakan Habibie, ke-merdekaan, dan cinta yang disiarkan Kamis, 17 Agustus pukul 19.30 WIB sampai 21.00 WIB terdiri dari: (a) mengkritik, (b) mengeluh, (c) menyalahkan, (d) me-muji, (e) mengucapkan terima kasih, (f) mengucapkan selamat, (g) menyanjung. (2) relevansi dalam rencana pelaksanaan pembelajaran keterampilan berbicara dengan media dialog interaktif acara Rosi di Kompas TV yang bertemakan Habibie, kemerdekaan, dan cinta pada siswa kelas XII SMA menggunankan kom-petensi dasar 2.1 Menyampaikan gagasan dan tanggapan dengan alasan yang logis dan menggunakan metode pembelajaran diskusi dan tanya jawab.

 

Kata Kunci: tindak tutur ekspresif, dialog interaktif, rencana pelaksanaan pembelajaran.


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.