NILAI PENDIDIKAN KARAKTER NOVEL DALAM SUJUD, DIA MENYENTUHKU KARYA FAHRI F. FATHONI DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DENGAN METODE TANDUR DI KELAS XI SMA
Abstract
ABSTRAK: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) unsur intrinsik; (2) nilai pendidikan karakter; dan (3) rencana pelaksanaan pembelajaran novel Dalam Sujud, Dia Menyentuhku karya Fahri F. Fathoni dengan metode tandur di kelas XI SMA. Sumber data penelitian ini adalah novel Dalam Sujud, Dia Menyentuhku karya Fahri F. Fathoni. Objek penelitiannya yakni nilai pendidikan karakter dengan fokus penelitian pada unsur intrinsik, nilai pendidikan karakter, dan rencana pelaksanaan pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik studi pustaka dan teknik catat. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri dengan bantuan kartu pecatat data. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis isi (content analysis). Teknik yang digunakan untuk menyajikan hasil analisis data adalah teknik informal. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa (1) unsur intrinsik novel, yaitu (a) tema: perjuangan menjalani liku-liku kehidupan; (b) tokoh utama: Layla Qonita (jujur, peduli, dan tulus) dan tokoh tambahan: Musthofa (bertanggungjawab, ikhlas, dan selalu bersyukur); Niza (setia kawan dan pantang menyerah); Bu Fatimah (baik hati dan penyayang); Pak Timo dan Bu Farah (pembohong); Paman Handri (kejam dan perlakuannya kasar); Mbok Ijah (peduli); Pak Kiai Sutomo (peduli dan tamak); Bu Nyai Fadilah (penyayang dan egois); Syaiful (tegar dan peduli); dan Azizah (tegar dan solidaritas tinggi); (c) alur berdasarkan urutan waktunya: maju (Progresif); berdasarkan jenisnya: maju; berdasarkan cara mengakhiri cerita: alur tertutup; berdasarkan kualitasnya: alur longgar; dan berdasarkan kuantitasnya: alur tunggal; (d) unsur latar: (1) latar tempat di gubuk, kamar, desa Nagasari dan Sekarsuli, Masjid Al-Fath, dan rumah Layla; (2) latar waktu malam hari, siang hari, pagi hari, dan sore hari; (3) latar sosial: mengajar mengaji dan kegiatan desa Nagasari dan Sekarsuli; (e) sudut pandang: orang ketiga serba tahu; (f) gaya bahasa yang pengarang gunakan, yakni personifikasi dan metafora; dan (g) amanat: janganlah memperalat anak sebagai alat pemuas kekuasaan, serta hiduplah dengan rasa syukur, ikhlas, dan sabar meskipun kehidupan kita penuh dengan cobaan; (2) nilai pendidikan karakter yang terdapat pada novel Dalam Sujud, Dia Menyentuhku, yaitu (a) religius; (b) jujur; (c) disiplin; (d) kerja keras; (e) mandiri; (f) demokratis; (g) rasa ingin tahu; (h) komunikatif; (i) cinta damai; (j) gemar membaca; (k) peduli sosial; dan (l) tanggung jawab; (3) rencana pelaksanaan pembelajaran: (a) menyampaikan KD, indikator, materi, tujuan, dan langkah pembelajaran; (b) melaksanakan pembelajaran menggunakan metode tandur yaitu tumbuhkan, alami, namai, demonstrasikan, ulangi, dan rayakan; (c) merefleksi kembali hasil pembelajaran dengan tanya jawab dan menutup pembelajaran; (d) penilaian hasil pembelajaran: tes tulis (uraian) dan tes praktik-proyek.
Kata kunci: nilai pendidikan karakter, novel, rencana pelaksanaan pembelajaran.
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.