NILAI MORAL DALAM NOVEL BAIT-BAIT MULTAZAM KARYA ABIDAH EL KHALIEQY DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING DI KELAS XII SMA

Fitria Farrohmah, Sukirno Sukirno, Suryo Daru Santoso

Abstract


ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) unsur intrinsik, (2) nilai moral novel Bait-Bait Multazam (BBM) Karya Abidah El Khalieqy, dan (3) rencana pelaksanaan pembelajaran dengan model discovery learning sastra dalam novel BBM di kelas XII SMA. Sumber data diperoleh dari novel BBM. Fokus penelitian ini berupa nilai moral yang terdapat pada novel BBM. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pustaka. Teknik analisis data dilakukan dengan metode analisis isi. Dalam penyajian hasil analisis digunakan teknik penyajian informal. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) unsur intrinsik yang terdapat dalam novel BBM terdiri atas (a) tema: perjalanan dan usaha Henry mempelajari Islam sebagai pedoman hidupnya yang baru; (b) tokoh dibagi menjadi dua, yaitu tokoh utama: Hilya berwatak setia kawan dan rasa ingin tahu yang tinggi, tokoh tambahan: Henry, Nina, Ibu Henry, tante Henry, Martha, Edward, Jonathan, Bang Muhsin, Yusuf Buluthu; (c) alur campuran; (d) latar terdiri atas latar tempat: Arab Saudi, Kedai Albaik, pinggiran toko, masjid, Tanah Haram, sekretariat haji, Mall Sarep Sittin, hotel, lobi, Toko Baba Hamed, tepian laut merah, latar waktu: pagi hari, siang hari, sore hari, malam hari, setelah satu jam, beberapa menit kemudian, beberapa saat kemudian, pagi setengah siang, dan dua puluh delapan tahun silam, sedangkan latar sosial: adat pernikahan masyarakat Batak, adat Batak Kristiani, dan hukum bagi kaum perempuan di Saudi; (e) sudut pandang persona ketiga “Aku” serbatahu; (2) nilai moral meliputi: (a) hubungan manusia dengan Tuhan meliputi: beribadah, berdoa, muallaf, dan mengaji; (b) hubungan manusia dengan dirinya sendiri meliputi: percaya diri, sabar, tekun, dan kesepian; (c) hubungan manusia dengan manusia lain, meliputi: peduli, tolong menolong, memuji, kasih sayang; (d) hubungan manusia dengan alam sekitar: memuji keindahan panorama semesta dan buatan manusia; dan (3) Rencana pelaksanaa pembelajaran novel dengan materi nilai moral pada novel BBM di Kelas XII SMA  berfokus pada aspek membaca. Pembelajaran sastra novel C2K dilaksanakan satu minggu ada dua kali pertemuan dengan sekali pertemuan waktunya dua jam (2 x 45 menit) sesuai dengan silabus. Model  pembelajaran adalah discovery learning berbasis saintifik yang dilakukan dengan metode ceramah, tanya jawab, diskusi dan pemberian tugas.

Kata kunci: nilai moral, novel, rencana pelaksanaan pembelajaran



Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.