ANALISIS SOSIOLOGI SASTRA NOVEL ANAK RANTAU KARYA AHMAD FUADI DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DENGAN METODE PROBLEM SOLVING DI KELAS XII SMA

Nurul Fatimah, Sukirno Sukirno, Umi Faizah

Abstract


ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, (1) unsur intrinsik novel; (2) aspek-aspek sosiologi sastra; (3) rencana pelaksanaan pembelajaran novel Anak Rantau karya Ahmad Fuadi dengan metode problem solving di kelas XII SMA. Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif, subjek penelitian ini adalah teks novel Anak Rantau karya Ahmad Fuadi. Objek penelitian ini adalah analisis sosiologi sastra novel Anak Rantau karya Ahmad Fuadi. Fokus penelitian ini adalah kajian analisis unsur intrinsik, sosiologi sastra, dan rencana pelaksanaan pembelajarannya dengan metode problem solving di kelas XII SMA. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik pustaka. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data novel Anak Rantau karya Ahmad Fuadi adalah teknik analisis isi. Teknik yang digunakan untuk penyajian hasil analisis adalah menggunakan metode informal. Dari hasil penelitian disimpulkan: (1) unsur intrinsik yang terdapat dalam novel Anak Rantau karya Ahmad Fuadi meliputi enam unsur yaitu (a) tema: petualangan Hepi di kampung Minang, (b) tokoh dalam novel ini dibagi menjadi dua, yaitu tokoh utama: Hepi, tokoh tambahannya: Martiaz, Attar, Zen, Kakek Hepi (Datuk Marajo), Pandeka Luko, dan Lenon. (c) alur: gabungan, (d) latar dalam novel Anak Rantau terdiri dari latar tempat: Minang, Padang, Jakarta, Rumah, Surau, Sekolah, Lapangan, dan Lapau. Latar waktu: pagi, siang, sore, malam, hari Jumat, hari Minggu, dan tahun 1914. Latar susana: kaget, tegang, ramai, sedih, senang, dan ketakutan, dan latar sosial: budaya Minang, (e) sudut pandang: sudut pandang orang ketiga serba tahu, (f) amanat yang diambil dari novel Anak Rantau karya Ahmad Fuadi adalah bolehlah kita merantau asalkan jangan lupakan kampung halaman dan jauhi sesuatu yang merusak hidup kita; (2) aspek-aspek sosiologi sastra yang terdapat dalam novel Anak Rantau karya Ahmad Fuadi digolongkan menjadi tujuh yaitu: (a) kekerabatan, (b) cinta kasih, (c) ekonomi, (d) moral, (e) pendidikan, (f) agama, serta (g) politik, dan; (3) rencana pelaksanaan pembelajaran novel Anak Rantau karya Ahmad Fuadi di kelas XII SMA menggunakan metode Problem Solving dengan langkah menemukan masalah, identifikasi masalah, merancang alternatif, membuat penilaian dan keputusan, dan evaluasi dan pengujian solusi.

Kata kunci: sosiologi sastra, novel Anak Rantau, Rpp, metode problem solving.


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.