PENGARUH MODEL KANCING GEMERINCING TERHADAP KEMAMPUAN MENGONSTRUKSI TEKS CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 GOMBONG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Amtina Endah Prastiwi, Khabib Sholeh, Umi Faizah

Abstract


ABSTRAK : Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) pengaruh model kancing gemerincing terhadap motivasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Gombong Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2017/2018; (2) pengaruh model pembelajaran kancing gemerincing terhadap kemampuan mengonstruksi teks cerita pendek pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Gombong Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2017/2018; dan                 (3) perbandingan hasil belajar siswa dalam kemampuan mengonstruksi teks cerita pendek antara siswa yang menggunakan model kancing gemerincing dengan siswa yang menggunakan metode konvensional. Penelitian ekperimen ini menggunakan design pretest-posttest control group design yang terdiri dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 yang terdiri dari 34 siswa (kelompok eksperimen) dan kelas XI IPS 4 yang tediri dari 34 siswa (kelompok kontrol). Subjek tersebut diambil dengan teknik random sampling. Penyajian data menggunakan teknik informal. Data penelitian diperoleh melalui tes dan nontes. Teknik analisis data menggunakan program SPSS (Statistice Package For Social Science) versi 16. Hasil penelitian membuktikan model kancing gemerincing memiliki pengaruh yang positif dalam keterampilan mengonstruksi teks cerita pendek. Hal tersebut dilihat dari perbedaan  nilai rerata awal 69. 38 berubah menjadi 80.44. Penggunaan model kancing gemerincing merubah hasil yang dibuktikan adanya peningkatan sebesar 11. 06 dengan nilai thitung (9.824) > ttabel (2.042) atau -thitung (-9.824) < -ttabel (-1,695). Kemudian, siswa yang diajar dengan model kancing gemerincing mendapatkan hasil yang lebih baik. Kelas ekperimen memiliki rerata yang lebih baik daripada kelas kontrol. Nilai rata-rata kelas ekperimen 80. 44 sedangkan kelas kontrol 74. 88 dengan (5.762) > ttabel (2.042) atau         -thitung (-5.762) < -ttabel (-2.042). Hal tersebut membuktikan bahwa nilai keterampilan menulis teks cerita pendek siswa yang menggunakan model kancing gemerincing lebih baik daripada siswa yang menggunakan metode konvensional.

Kata Kunci: Kancing gemerincing, motivasi belajar, hasil belajar.


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.