ANALISIS NILAI MORAL NOVEL SIRKUS POHON KARYA ANDREA HIRATA DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DENGAN METODE PEER TEACHING DI KELAS XII SMA

Wahyu Dewi Ambarini, Sukirno Sukirno, Umi Faizah

Abstract


Abstrak: Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) analisis isi; (2) nilai moral; dan (3) rencana pelaksanaan pembelajaran isi novel Sirkus Pohon Karya Andrea Hirata dengan Metode Peer Taeching di kelas XII di SMA.Dalam penelitian ini sumber data penelitian adalah novel Sirkus Pohon karya Andrea Hirata. Objek penelitian ini adalah nilai moral pada novel Sirkus Pohon karya Andrea Hirata. Fokus penelitian ini adalah nilai moral, unsur intrinsik novel Sirkus Pohon dan rencana pelaksanaan pembelajarannya dengan metode Peer Teaching di  kelas XII di SMA. Teknik analisis data yang digunakan teknik analisis isi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan: (1) analisis isi dalam novel Sirkus Pohon Karya Andrea Hirata mencakup enam aspek, yaitu: (a) tema: masalah ekonomi, (b) tokoh utama: Hobri berwatak bodoh, rajin, baik hati, dan setia, sedangkan tokoh tambahan: Suruhudin, Taripol, Tara, Ayah, Tegar, Azizah, Dinda, Adun, dan Gastori, (c) alur: alur berdasarkan urutan peritiwa adalah maju; (d) latar tempat: rumah ayah Hobri, pengadilan, tempat sirkus, kantor polisi, pasar tanjong lantai, bioskop sinar malam, taman kota, stadion belantik, bengkel masa depan, taman bermain pengadilan, dan pelabuhan, latar waktu: pagi, sore, malam hari, Agustus, dan jumat. Latar suasana: menyedihkan, menegangkan, menyenangkan, ramai, hujan, (e) sudut pandang orang ketiga “Ia dan Dia”, (f) amanat: jangan menjadi orang yang malas pekerja, jadilah orang yang optimistis dan pantang menyerah, dan terimalah keadaan orang yang kita sayangi apa adanya; (2) nilai moral novel Sirkus Pohon karya Andrea Hirata meliputi: (a) Hubungan manusia dengan Tuhan: bersyukur, dan taat, (b) Hubungan manusia dengan dirinya sendiri: sabar, pantang menyerah, percaya diri, dan disiplin, (c) Hubungan manusia dengan manusia lain dalam lingkup sosial dan lingkungan alam meliputi: tolong menolong, menepati janji, dermawan, dan setia kawan; (3) rencana pelaksanaan pembelajaran novel Sirkus Pohon karya Andrea Hirata pada Siswa kelas XII di SMA menggunakan metode Peer Teaching. Langkah-langkah pembelajaran menggunakan metode Peer Teaching antara lain: siswa dalam kelas dibagi menjadi beberapa kelompok belajar, guru memilih beberapa siswa berprestasi untuk dijadikan tutor dalam masing-masing kelompok.

 

Kata kunci: unsur intrinsik, nilai moral novel dan RPP di SMA.


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.