TINDAK TUTUR EKSPRESIF DAN DEKLARATIF PADA FILM NEGERI VAN ORANGE SUTRADARA ENDRI PELITA DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) tindak tutur ekpsresif pada film Negeri Van Orange sutradara Endri Pelita; (2) tindak tutur deklaratif pada film Negeri Van Orange sutradara Endri Pelita; dan (3) skenario pembelajaran tindak tutur bagi siswa kelas XI SMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kualitatif. Fokus penelitian ini adalah penggunaan tindak tutur ekspresif dan deklaratif pada film Negeri Van Orange sutradara Endri Pelita dan skenario pembelajarannya di kelas XI SMA. Sumber data penelitian ini adalah film Negeri Van Orange sutradara Endri Pelita. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik simak bebas libat cakap (SBLC) dan teknik catat. Analisis data dilakukan dengan metode analisis isi. Teknik penyajian data dilakukan dengan menggunakan teknik informal. Dari hasil penelitian ini disimpulkan: (1) tindak tutur ekpsresif pada film Negeri Van Orange sutradara Endri Pelita antara lain sebanyak 44 tuturan, yang terbagi menjadi mengucapkan terima kasih 12 tuturan, mengucapkan selamat 9 tuturan, mengecam 5 tuturan, memuji 14 tuturan, mengeluh 3 tuturan, dan belasungkawa 1 tuturan; (2) tindak tutur deklaratif pada film Negeri Van Orange sutradara Endri Pelita antara lain sebanyak 14 tuturan, yang terbagi menjadi memutuskan 4 tuturan, melarang 5 tuturan, menjatuhkan hukuman 2 tuturan, dan memberi nama 3 tuturan; dan (3) skenario pembelajaran tindak tutur bagi siswa kelas XI SMA dilaksanakan dengan dasar KD 3.19 menganalisis isi dan kebahasaan drama yang dibaca atau ditonton dengan pendekatan saintifik dan model pembelajaran pemecahan masalah (problem solving). Kegiatan pembelajaran dilakukan dengan tahap pendahuluan, guru mengkondisikan keadaan siswa agar siap untuk menerima materi pelajaran yang disampaikan, lalu pada tahap inti guru menjelaskan materi pembelajaran tentang tindak tutur ekspresif dan deklaratif pada film Negeri Van Orange sutradara Endri Pelita. Selanjutnya pada tahap inti, yaitu dengan menggunakan model pembelajaran pemecahan masalah (problem solving), guru menyuruh siswa untuk berkelompok memecahkan masalah yaitu menentukan dialog yang termasuk tindak tutur ekspresif dan deklaratif pada film. Dalam tahap penutup, guru merefleksi kegiatan pembelajaran untuk membangun karakter siswa.
Kata kunci: tindak tutur ekspresif, deklaratif, dan skenario pembelajaran
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.