ANALISIS PSIKOLOGI SASTRA TOKOH UTAMA NOVEL SIRKUS POHON KARYA ANDREA HIRATA DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DI SMA

Eka Wakhyuningsih, Sukirno Sukirno, Umi Faizah

Abstract


ABSTAK: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik novel Sirkus Pohon karya Andrea Hirata, (2) psikologi sastra tokoh utama novel Sirkus Pohon karya Andrea Hirata, dan (3) rencana pelaksanaan pembelajarannya di SMA. Sumber data primer penelitian ini adalah novel Sirkus Pohon karya Andrea Hirata, dan sumber data sekunder penelitian ini adalah buku-buku sebagai acuan penelitian dan internet. Objek penelitian ini adalah psikologi sastra tokoh utama pada novel Sirkus Pohon karya Andrea Hirata. Fokus penelitian ini adalah unsur intrinsik novel Sirkus Pohon karya Andrea Hirata, psikologi sastra tokoh utama pada novel dan rencana pelaksanaan pembelajarannya di SMA. Dalam pengumpulan data digunakan teknik pustaka. Teknik analisis data yang digunakan teknik analisis isi. Penyajian hasil analisis data digunakan teknik penyajian informal. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan: (1) unsur intrinsik dalam novel Sirkus Pohon Karya Andrea Hirata meliputi: (a) tema: perekonomian; (b) tokoh utama: Hobri berwatak tidak mudah putus asa, optimistis, dan baik hati, sedangkan tokoh tambahan: Suruhudin pemalas, baik hati, Azizah keras, Taripol acuh tak acuh, cerdas, Tegar ramah, baik hati, dan optimistis, Ayah Hobri jujur, penyayang, Dinda baik hati, pendiam, Tara tidak mudah putus asa, pemberani; (c) alur menurut tahapan peristiwanya: alur maju; (d) latar tempat: taman, bawah pohon, stadion, rumah Ayah Hobri, tempat sirkus, pasar tanjong lantai. latar waktu: pagi, sore dan malam hari. Latar suasana: menakutkan, menyedihkan, menegangkan, dan menyenangkan; (e) sudut pandang orang ketiga serba tahu “Dia”, (f) amanat: janganlah menjadi orang yang malas bekerja, jadilah orang yang selalu optimistis dan jangan mudah menyerah, (2) psikologi sastra tokoh utama novel Sirkus Pohon karya Andrea Hirata meliputi: (a) Id yang mencakup tentang; keingin mengenal cinta, keiginan mengutarakan isi hati, keinginan untuk menebang pohon, keinginan menunggu kekasihnya; (b) Ego yang mencakup tentang: kekecewaan dan kesedihan; (c) Superego yang mencakup tentang: Hobri menentukan pilihan, (3) rencana pelaksanaan pembelajaran isi novel Sirkus Pohon karya Andrea Hirata menggunakan metode pembelajaran diskusi dan tanya jawab dengan model pembelajaran STAD dengan langkah-lagkah: peserta didik berkelompok 4-5 orang, guru memberi tugas, siswa bekerjakelompok, dan setelah itu perwakilan kelompok mempresentasikannya.

 

Kata kunci: unsur intrinsik, psikologi sastra tokoh utama, dan rpp


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.