IMPLEMENTASI KONSEPKECERDASAN MAJEMUK DALAM PEMBELAJARAN MENYUSUN TEKS ANEKDOT PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 6 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2017/2018

Anindya Yolan Priyanto, Khabib Sholeh, Nurul Setyorini

Abstract


ABSTRAK: penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi: (1) implementasi konsep kecerdasan majemuk dalam pembelajaran menyusun teks anekdot, (2) pengaruh penerapan konsep kecerdasan majemuk terhadap motivasi belajar siswa kelas X SMK Negeri 6 Purworejo, (3) pengaruh penerapan konsep kecerdasan majemuk dalam keterampilan menyusun teks anekdot pada siswa kelas X SMK Negeri 6 Purworejo, (4) perbandingan hasil belajar siswa dalam menyusun teks anekdot yang diajar dengan menerapkan konsep kecerdasan majemuk dan yang diajar dengan metode konvensional. Penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas X TKRO 3 sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 32 dan siswa kelas X TKRO 2 sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 32. Teknik analisis data menggunakan program SPSS versi 22.0. Data penelitian diperoleh melalui tes dan nontes. Hasil penelitian disimpulkan : (1) konsep kecerdasan majemuk diterapkan dengan model pembelajaran problem based learning, STAD, dan diskusi kelas; (2) penerapan konsep kecerdasan majemuk berdampak positif terhadap motivasi belajar siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan kenaikan persentase tiap aspek motivasi belajar siswa berturut-turut 8%, 7%, 7%, dan 6%; (3) penerapan konsep kecerdasan majemuk memiliki perngaruh yang positif dalam keterampilan menyusun teks anekdot. Hal tersebut dilihat dari peningkatan nilai rerata awal 67, 19 meningkat menjadi 72,97. Peningkatan tersebut sebesar 5,78 dengan nilai thitung jauh pada penerimaan ttabel, yakni thitung (1,913) > ttabel (1,695) atau -thitung (-1,913) < -ttabel (-1,695); (4) siswa yang diajar dengan penerapan konsep kecerdasan majemuk mendapatkan hasil yang lebih baik daripada siswa yang diajar dengan metode konvensional. Kelas eksperimen memiliki nilai rerata yang lebih baik daripada kelas kontrol. Nilai rerata kelas eksperimen adalah 72,97 sedangkan kelas kontrol 69,84 dengan nilai thitung jauh pada penerimaan ttabel yakni thitung (2,236) > ttabel (1,695) atau -thitung (-2,236) < -ttabel (-1,695).

 

Kata kunci : konsep kecerdasan majemuk, motivasi belajar, hasil belajar

 


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.