ANALISIS STRUKTURALISME GENETIK NOVEL BIDADARI BERMATA BENING KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur Intrinsik dalam novel Bidadari Bermata Bening karya Habiburrahman El Shirazy; (2) strukturalisme Genetik novel Bidadari Bermata Bening karya Habiburrahman El Shirazy; dan (3) skenario pembelajaran novel Bidadari Bermata Bening karya Habiburrahman El Shirazy di kelas XI SMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data berupa novel, buku sastra, kutipan langsung dan tidak langsung. Objek penelitian ini adalah novel Bidadari Bermata Bening karya Habiburrahman El Shirazy. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode teknik studi pustaka. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis isi. Hasil penelitian ini adalah (1) unsur intrinsik novel Bidadari Bermata Bening karya habiburrahman El Shirazy terdiri dari: (a) tema: berusaha mempertahankan komitmen dan martabat; (b) tokoh utama: Ayna berwatak pandai dan tegas; tokoh tambahan: Bu Nyai Njur Fauziyah, Kyai Sabron, dan pakde Darsun; (c) alur: maju; (d) latar tempat: Pesantren Kanzul Ulum; latar waktu: siang, sore, dan tahun 1948; latar sosial: kebudayaan Jawa yang meliputi adat istiadat dan pandangan hidup; (2) strukturalisme genetik novel Bidadari Bermata Bening terdiri dari (a) fakta kemanusiaan: fakta kemanusiaan kreasi kultural, fakta kemanusiaan aktivitas sosial, fakta kemanusiaan aktivitas politik; (b) subjek kolektif: perbedaan kelompok priyayi dan kelompok orang biasa (orang kecil) dan orang kaya dengan orang yang sederhana/orang bawah; (c) pandangan dunia pengarang: pandangan agama Islam dalam sebuah pesantren; (3) skenario pembelajaran novel Bidadari Bermata Bening karya Habiburrahman El Shirazy sesuai kompetensi dasar 7.2 menganalisis unsur intrinsik dan ekstrinsik novel; model pembelajaran yang digunakan adalah model kooperatif Group Investigation; metode yang digunakan adalah metode ceramah, diskusi, tanya jawab, dan pemberian tugas; langkah-langkah pembelajaran terdiri dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup.
Kata kunci: strukturalisme genetik, skenario pembelajaran
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.