ANALISIS TINDAK TUTUR DIREKTIF DALAM DIALOG FILM BIDADARI-BIDADARI SURGA SUTRADARA SONY GAOKASAK DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA

Khusnul Fatimah, Bagiya Bagiya, Kadaryati Kadaryati

Abstract


ABSTRAK: Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) bentuk tindak tutur direktif dalam film Bidadari-Bidadari Surga sutradara Sony Gaokasak; (2) fungsi tindak tutur direktif dalam film Bidadari-Bidadari Surga sutradara Sony Gaokasak; dan (3) skenario pembelajaran tindak tutur direktif dalam film Bidadari-Bidadari Surga sutradara Sony Gaokasak dengan pembelajaran menyimak di kelas XI SMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian adalah film Bidadari-Bidadari Surga sutradara Sony Gaokasak. Objek penelitian berupa tindak tutur direktif dalam tuturan para tokoh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik simak bebas libat cakap (SBLC) dan teknik catat. Metode padan digunakan untuk menganalisis data. Hasil analisis data disajikan dengan teknik informal. Berdasarkan data dan pembahasannya, disimpulkan bahwa (1) bentuk tindak tutur direktif pada film Bidadari-Bidadari Surga terdiri dari bentuk: permintaan, pertanyaan, perintah, larangan, pemberian izin, dan nasihat; (2) fungsi tindak tutur direktif pada film Bidadari-Bidadari Surga terdiri dari: (a) permintaan meliputi fungsi meminta, mengajak, menawarkan, menekan, dan berdoa, (b) pertanyaan meliputi fungsi bertanya dan menginterogasi, (c) perintah meliputi fungsi memerintah, meng-hendaki, mensyaratkan, menginstruksi, menyuruh, dan menyilakan, (d) larangan meliputi fungsi melarang, (e) pemberian izin meliputi fungsi membolehkan dan menyetujui, dan (f) nasihat meliputi fungsi menasihati, menganjurkan, menyaran-kan, memperingatkan, dan mengingatkan; dan (3) skenario pembelajaran ke-terampilan menyimak di kelas XI SMA dilaksanakan dengan model pembelajaran Discovery Learning. Langkah-langkah pembelajaran diantaranya: pendidik menyampaikan materi, pendidik menyediakan film Bidadari-Bidadari Surga untuk disaksikan, peserta didik mengidentifikasi dan menganalisis tindak tutur direktif, peserta didik mempresentasikan hasil diskusi dan kelompok lain menanggapi, pendidik memberikan penguatan, kesimpulan, dan evaluasi.

 

Kata Kunci: Tindak tutur direktif, film, skenario pembelajaran.


Full Text: PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.