PENGARUH MODEL VISUAL, AUDITORY, KINESTETHIC (VAK) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS ANEKDOT PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PEJAGOAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Femelia Arlin Fianti, Khabib Sholeh, Joko Purwanto

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) pengaruh model Visual, Auditory, Kinestethic (VAK) terhadap aktivitas siswa dalam menulis teks anekdot pada kelas X SMA Negeri 1 Pejagoan tahun pelajaran 2017/2018; (2) pengaruh model Visual, Auditory, Kinestethic (VAK) terhadap keterampilan menulis teks anekdot pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Pejagoan tahun pelajaran 2017/2018; (3) perbandingan keterampilan siswa dalam menulis teks anekdot yang diajar dengan model Visual, Auditory, Kinestethic (VAK) dengan siswa yang diajar dengan model konvensional. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi experimental research). Desain yang digunakan adalah Nonequivalent Group Pretest Posttest Design. Subjek penelitiannnya adalah kelas X IPS 4 sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 32 siswa dan kelas X IPS 5 sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 30 siswa. Penyajian data menggunakan teknik informal. Pengumpulan data didapat dari tes (tes awal dan tes akhir) dan nontes (kuesioner dan wawancara). Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) hasil kuesioner menunjukkan bahwa presentase aktivitas belajar siswa meningkat setelah mendapat perlakuan menggunakan model Visual, Auditory, Kinestethic (VAK), yaitu dengan presentase: (a) motivasi sebesar 14,56%, (b) perhatian sebesar 6%, (c) keaktifan sebesar 17,22% dan, (d) keberanian sebesar 12,89%, (e) kemandirian sebesar 13,33%, (f) apersepsi sebesar 14,66%; (2) nilai yang didapat tes awal dan tes akhir kelompok eksperimen (0,473 dan 0,220) dan tes awal dan akhir kelompok kontrol (0,903 dan 0,544). Berdistribusi normal. Hasil thitung (-22.501) < ttabel (-1,697) menunjukkan bahwa model Visual, Auditory, Kinestethic (VAK) berpengaruh terhadap keterampilan menulis siswa kelompok eksperimen; (3) hasil thitung (-3,916) > ttabel (1,697) membuktikan bahwa nilai keterampilan menulisĀ  teks anekdot siswa yang diajar dengan model Visual, Auditory, Kinestethic (VAK) lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan model konvensional.

Kata kunci: Visual, Auditory, Kinestethic (VAK), keterampilan menulis, teks anekdot.

Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.