NILAI RELIGUS PADA NOVEL SURGA YANG TAK DIRINDUKAN 2 KARYA ASMA NADIA DAN RENCANA PELAKSNAAN PEMBELAJARANNYA PADA KELAS XI SMA

Arif Rifai, Mohammad Fakhrudin, Bagiya Bagiya

Abstract


ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) unsur intrinsik, (2) nilai religius, dan (3) rencana pelaksanaan pembelajaran unsur intrinsik novel Surga Yang Tak Dirindukan 2 karya Asma Nadia pada kelas XI SMA. Objek penelitian ini adalah unsur intrinsik novel Surga Yang Tak Dirindukan 2 karya Asma Nadia. Fokus penelitian ini adalah nilai religius novel Surga Yang Tak Dirindukan 2 karya Asma Nadia. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi dan teknik catat. Instrumen penelitian ini adalah penulis selaku peneliti sebagai instrumen utama dengan bantuan kartu pencatat data dan alat tulis. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis isi. Teknik penyajian hasil analisis data digunakan teknik informal. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa (1) unsur intrinsik novel Surga Yang Tak Dirindukan 2 karya Asma Nadia, meliputi (a) tema masalah keikhlasan, percintaan, dan penyakit; (b) tokoh dan penokohan Arini (sabar, ikhlas, penyayang), Mei Rose (pengertian), Pras (baik, penyayang  dan suka menolong), Sheila (baik dan cekatan), Sita (pemarah), Lia (emosional), Nadia (baik pendongeng), Hartono (tidak bisa ), Arman (playboy) Syarief Kristof (sabar dan santun), dan Panji ( baik dan humoris) ; (c) alur maju; (d) latar tempat: bandara, kamar Nadia, kota Szentendre, apartemen, dan rumah Mei Rose, latar waktu; pagi hari, siang hari, dan malam hari, latar sosial; kehidupan penulis, seorang Agen, seorang Guide, seorang pasien, dan seorang Dokter; (e) sudut pandang orang pertama pelaku utama; (2) nilai religius meliputi (a) hubungan manusia dengan Tuhan: salat berjamaah, salat, memuji Tuhan, berdoa, ikhlas, sabar menerima cobaan, menutup aurat, bersyukur, menikah, tobat, dan takwa, (b) hubungan manusia dengan manusia lain tolong-menolong, memberi semangat, memberi salam, pemaaf, dan bersikap adil, (c) hubungan manusia dengan diri sendiri: sikap pantang menyerah, bersikap bijak, amanah, dan syaja’ah; (3) rencana pelaksanaan pembelajaran novel di kelas XI SMA dilakukan dengan metode inquiri dengan langkah-langkah siswa dibagi ke dalam beberapa kelompok, yang terdiri dari dua sampai enam orang, siswa diberi kesempatan mencari materi sesuai dengan kompetensi dasar pembelajaran yang berupa teori unsur intrinsik dan aspek nilai religius novel, kemudian siswa mendiskusikan hasil pencarian materinya.

Kata kunci : nilai religius, rencana pelaksanaan pembelajaran, metode inquiri

Full Text: PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.