PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS ARGUMENTASIDENGAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAHPADA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 MANYARANTAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Anita Wahyu Siswati, Khabib Sholeh, Suci Rizkiana

Abstract


ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penerapan pembelajaran menulis argumentasi dengan metode pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Manyaran tahun pelajaran 2016/2017; (2) mengetahui perubahan minat siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Manyaran setelah dilaksanakan pembelajaran menulis argumentasi dengan metode pembelajaran berbasis masalah; (3) mengetahui peningkatan keterampilan menulis argumentasi dengan metode pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Manyaran.Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik tes dan nontes.Hasil analisis disajikan dengan metode informal. Analisis data dilakukan dengan cara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini disimpulkan: (1) proses pembelajaran menulis argumentasi menggunakan metode pembelajaran berbasis masalah. (2) pembelajaran menggunakan metode pembelajaran berbasis masalah mampu meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran. Pengaruh metode pembelajaran berbasis masalah terhadap minat belajar siswa dapat dilihat pada siklus II siswa mampu menyelesaikan tugas dari guru terdapat 16 siswa atau 61,53% , siswa aktif bertanya kepada guru dan berani mempresentasikan hasil diskusi terdapat 18 siswa atau 69,23%, keantusiasan siswa terhadap proses pembelajaran sebesar 17 siswa atau 65,38%. Peningkatan hasil keterampilan menulis argumentasi dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa dari prasiklus ke siklus I sebesar 11,74 poin. Pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 81,53 atau mengalami peningkatan sebesar 6,03 poin.

 

Kata kunci:menulisargumentasidan metode berbasis masalah.


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.