PENGARUH METODE SAVI TERHADAP PEMBELAJARAN MENULIS FABEL PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 1 KUWARASAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Abstract
Abstrak:Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1)pengaruh metode SAVI terhadap motivasi belajar peserta didik dalam menulis fabel (2) pengaruh metode SAVI terhadap kemampuan peserta didik menulis fabel, dan (3) perbandingan kemampuan peserta didik dalam menulis fabel yang diajar dengan metode SAVI dengan peserta didik yang tidak diajar dengan metode SAVI. Jenis penelitianini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain Nonequivalent Control Group.Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIISMP Negeri 1 Kuwarasan yang terdiri dari 8 kelas VII A sampai VII H yang berjumlah 254 peserta didik, kelas VII C sebagai kelas kontrol dan kelas VII D sebagai kelas. Data diperoleh melalui nontes (angket) dan tes (tes awal dan tes akhir). Nontes (angket) digunakan untuk mengetahui motivasi belajar.Tes berupa soal membuat cerita fabel dengan tema yang ditentukan.Tes ini digunakan untuk mengetahui hasil belajar menulis fabel. Hasil penelitian dengan taraf signifikan α=0,05 menunjukkan bahwa peserta didik setelah mendapat perlakuan metode SAVI lebih termotivasi dapat dilihat dari nilai thitung adalah -16,650. Diperoleh ttabel sebesar 1,699 dan Sig. (0,000) < α (0,05), maka Ho ditolak dan Ha diterima, maka metode SAVI berpengaruh terhadap kemampuan menulis cerita fabel. Nilai rata-rata setelah perlakuan (tes akhir) adalah 79,84, sedangkan nilai rata-rata sebelum mendapat perlakuan (tes awal) adalah 70,40. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata menulis fabel siswa setelah mendapat perlakuan lebih tinggi daripada nilai sebelum mendapat perlakuan. Pengujian hipotesis thitung = 5,735, table distribusi t dicari pada α=0,05 (two tail test) diperoleh ttabel sebesar 1,697. Karena thitung = 5,735 > ttabel = 1,697 maka Ho ditolak. Hal ini membuktikan bahwa metode SAVI mempengaruhi kemampuan menulis fabel pada siswa kelas X SMP Negeri 1 Kuwarasan
Tahun pelajaran 2016/2017.
Kata Kunci: SAVI, motivasi belajar, dan hasil belajar
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.