NILAI MORAL DALAM NOVEL MAHA CINTA KARYA AGUK IRAWAN MIZAN DAN RELEVANSINYA SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN SASTRA DI KELAS XII SMA

Abid Mustofa, Mohammad Fakhrudin, Bagiya Bagiya

Abstract


ABSTRAK: Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan (1) unsur intrinsik; (2) nilai moral moral dalam novel Maha Cinta Karya Aguk Irawan Mizan; dan (3) relevansi novel Maha Cinta karya Aguk Irawan Mizan sebagai bahan pembelajaran dan pendidikan moral bagi siswa. Objek penelitian ini adalah unsur intrinsik dan nilai moral novel Maha Cinta Karya Aguk Irawan Mizan, dengan fokus penelitian unsur intrinsik dan nilai moral sastra dan relevansinya sebagai bahan pembelajaran sastra di kelas XII SMA. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis isi. Hasil analisis data disajikan dengan metode informal. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) unsur intrinsik novel Maha Cinta Karya Aguk Irawan meliputi (a) tema: perjuangan cinta tokoh utama; (b) tokoh utama: Imran: baik, cerdas, bijaksana; tokoh tambahan: Marwa, Haji Nurcahya, Bu Nurcahya, Pak Ali, Bu Ali, Dewi, Zaid, Kiai Yazid, Maman; (c) alur: maju; (d) latar terdiri dari latar tempat: latar utama dalam novel Desa Sembungan, Yogayakarta dan Jakarta, latar waktu: kurun waktu antara tahun 1980 sampai tahun 1985 dan latar sosial: kehidupan sosial masyarakat yang tidak mementingkan pendidikan dan masih banyaknya praktik pernikahan dini; (e) sudut pandang: persona ketiga serbatahu; (f) amanat: Hinaan tidak dibalas dengan menghina pula, mintalah petunjuk hanya kepada Allah Swt., taat dalam beribadah; (2) nilai moral dalam meliputi empat jenis (a) hubungan manusia dengan Tuhan; (b) hubungan manusia dengan manusia; (c) hubungan manusia dengan diri sendiri; (d) hubungan manusia dengan alam sekitar; (e) teknik penyampaian nilai moral berupa teknik penyampaian langsung dan tidak langsung; (3) relevan sebagai bahan pembelajaran sastra di kelas XII SMA karena sesuai dengan materi pokok dan kompetensi dasar yang terdapat dalam silabus Bahasa dan Sastra Indonesia kelas XII SMA. Metode yang digunakan dalam pembelajaran menganalisis isi dan kebahasaan novel adalah ceramah, tanya jawab, diskusi, penugasaan dan dengan menggunakan model pembelajaran Team Game Tournament. Evaluasi diberikan terdiri dari tiga aspek kognitif, afektif, dan aspek psikomotorik.

 

Kata kunci : nilai moral novel, dan relevansi sebagai bahan ajar


Full Text: PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.