PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DALAM MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 PURING KABUPATEN KEBUMEN TAHUN AJARAN 2017/2018

Riris Saniati, Khabib Sholeh, Umi Faizah

Abstract


Abstrak: Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture dalam Menulis Cerpen pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Puring Kabupaten Kebumen Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi: (1) pengaruh model pembelajaran picture and picture terhadap motivasi belajar menulis dalam menulis cerpen pada siswa kelas XI, (2) pengaruh model pembelajaran picture and picture teradap menulis cerpen pada siswa kelas XI SMK, (3) perbandingan  kemampuan siswa dalam pembelajaran menulis cerpen pada kelas XI SMK yang diajar dengan model pembelajaran picture and picture dengan siswa yang diajar dengan model konvensional. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitiannnya adalah siswa kelas XI SMK Negeri 1 Puring dengan jumlah 68 siswa. Product Moment digunakan untuk menguji validitas instrument penelitian dan Alpha Cronbach untuk menguji reliabilitas instrumen. Hasil dari tujuan tersebut sebaai berikut: (1) pengaruh positif dalam menggunakan model pembelajaran picture and picture terhadap motivasi dan penilaian siswa dalam pembelajaran menulis cerpen dari segi orientasi keberhasilan peningkatan 4%, antisipasi kegagalan 5%, inovasi mengalami peningkatan 6% dan, tanggung jawab meningkat sebesar 3%; (2) pengaruh positif teradap  hasil belajar dari nilai 71,79 menjadi 78,62; (3) hasil uji hipotesis dengan uji t dua pihak yang dicari pada α=0,05 diperoleh ttabel sebesar 1,694 dan Sig. (0,000) < α (0,05). Hal ini menunjukkan adanya pengaruh model  picture and picture pada kelas eksperimen. Kemudian, nilai thitung adalah 9,683. Tabel distribusi distribusi t dicari pada α=0,05 (two tail test) diperoleh ttabel sebesar 1,694. Nilai thitung berada pada  thitung (9,683) > ttabel (1,694) sehingga thitung berada pada daerah penolakan Ho. Dengan demikian, pengujian hipotesis dengan uji t pihak kanan membuktikan adanya perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model Picture and Picture dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional.

Kata kunci: Picture and Picture motivasi belajar, hasil belajar.


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.