ANALISIS TINDAK TUTUR DIREKTIF DAN EKSPRESIF DALAM FILM CAHAYA CINTA PESANTREN SUTRADARA RAYMOND HANDAYA DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA

Dewi Damayanti, Bagiya Bagiya, Kadaryati Kadaryati

Abstract


ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) bentuk tindak tutur direktif yang terdapat dalam film Cahaya Cinta Pesantren sutradara Raymond Handaya; (2) bentuk tindak tutur ekspresif yang terdapat dalam film Cahaya Cinta Pesantren sutradara Raymond Handaya; dan (3) skenario pembelajaran tindak tutur direktif dan ekspresif dalam film Cahaya Cinta Pesantren sutradara Raymond Handaya di kelas XI SMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah Film Cahaya Cinta Pesantren. Objek penelitian ini berupa tindak tutur direktif dan ekspresif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik simak bebas libat cakap dan teknik catat. Metode analisis data adalah metode padan. Hasil analisis data disajikan dengan teknik informal. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah (1) bentuk-bentuk tindak tutur direktif yang terdapat dalam film Cahaya Cinta Pesantren meliputi: memerintah, memohon, menyarankan, mengajak, memesan, dan menasihati; (2) bentuk-bentuk tindak tutur ekspresif yang terdapat dalam film Cahaya Cinta Pesantren meliputi: memuji, megucapkan terima kasih, mengeluh, dan menyalahkan; dan (3) skenario pembelajaran tindak tutur direktif dan ekspresif dalam film Cahaya Cinta Pesantren di kelas XI SMA diawali dengan membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan model pembelajaran Discovery Based Learning. Adapun rician skenario pembelajaran tersebut meliputi: pendidik menjelaskan tujuan pembelajaran, pendidik menyampaikan materi tindak tutur direktif dan ekspresif, peserta didik berkelompok, peserta didik berdiskusi dan menganalisis mengenai tindak tutur direktif dan ekspresif pada film Cahaya Cinta Pesantren, peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok, peserta didik menanggapi dan menilai hasil presentasi kelompok, pendidik dan peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran.

Kata Kunci : Tindak tutur direktif dan ekspresif, film, Skenario pembelajaran.


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.