PENINGKATAN KEMAMPUANMENULIS KARANGAN EKSPOSISI DENGAN METODE TUTOR SEBAYAPADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PREMBUN TAHUN AJARAN 2016/2017

Sudi Ardi, Mohammad Fakhrudin, Nurul Setyorini

Abstract


ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) proses pembelajaran menulis karangan eksposisi dengan metode tutor sebaya; (2) pengaruh penggunaan metode tutor sebaya terhadap aktifitas dan minat siswa dalam pembelajaran menulis karangan eksposisi; (3) peningkatan keterampilan menulis karangan eksposisi setelah mengikuti pembelajaran menulis karangan eksposisi dengan metode tutor sebaya.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan metode tutor sebaya melalui dua tahap, yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklus terdiri atas proses perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Prembun, sedangkan objek penelitian ini adalah keterampilan siswa dalam menulis karangan eksposisi. Pengambilan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes.Teknik validitas data menggunakan triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi metode. Penerapan metode tutor sebayadapat meningkatkan proses pembelajaran menulis karangan eksposisi. Hal ini terbukti dengan meningkatnya persentase keaktifan siswa di setiap siklusnya. Pada siklus I sejumlah 12siswa  menyatakan pembelajaran dengan metode tutor sebayamembantu siswa dalam menyusun karangan eksposisi, sedangkan 6 siswa  menyatakan pembelajaran dengan metode tutor sebayatidak membantu siswa. Pada hasil kuesioner siklus II sejumlah 17 siswa  menyatakan pembelajaran dengan metode tutor sebayamembuat siswa lebih berminat untuk menulis karangan eksposisi. Penerapan metode pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan kualitas hasil siswa dalam menulis karangan eksposisi. Hal ini terlihat dari peningkatan keterampilan menulis karangan eksposisi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Prembun tahun ajaran 2016/2017 dari hasil nilai rata-rata siswa pada tahap prasiklus, siklus I, dan siklus II. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan metode tutor sebayadapat meningkatkan keterampilan menulis karangan eksposisi.

Kata kunci: keterampilan menulis, karangan eksposisi, tutor sebaya.


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.