ANALISIS SOSIOLOGI SASTRA NOVEL HUJAN KARYA TERE LIYE DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DI KELAS XII SMA

Siti Nurrohmah, Sukirno Sukirno, Nurul Setyorini

Abstract


ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) unsur intrinsik novel Hujan karya Tere Liye; (2) aspek sosiologi sastra; (3) hubungan antaraspek sosiologi sastra; dan rencana pelaksanaan pembelajaran dengan materi sosiologi sastra novel Hujan karya Tere Liye di kelas XII SMA. Objek penelitian ini adalah novel Hujan karya Tere Liye. Penelitian ini difokuskan pada aspek-aspek sosiologi sastra yang meliputi aspek kekerabatan, perekonomian, cinta kasih, pendidikan, dan moralitas. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pustaka. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis isi. Hasil analisis isi disajikan dengan metode informal. Dari hasil penelitian terbukti bahwa (1) unsur intrinsik terdiri atas: (a) tema politik negara karena perubahan iklim dunia, (b) alur mundur atau flash back, (c) tokoh dan penokohan di bagi menjadi dua, tokoh utama yaitu Lail dan tokoh tambahan, antara lain: Esok, Maryam, Ibu Lail, Ibu Esok, Ibu Suri, Wali Kota dan Istri Wali kota, Claudia dan Elijah, (d) latar terdiri atas: latar tempat melitputi: ruang terapi, jalanan kota, stasiun kereta api, kereta bawah tanah, taman kota, dan restoran. Latar waktu antara lain: pagi, siang, sore, malam, dan satu bulan; latar sosial yang digunakan adalah kehidupan perawat, paramedis, relawan, ilmuwan, dan wali kota; (e) sudut pandang orang ke tiga serba tahu, (2) aspek sosiologi sastra antara lain: aspek kekerabatan, perekonomian, cinta kasih, pendidikan dan moralitas; (3) hubungan antaraspek sosiologi sastra meliputi: (a) aspek perekonomian dengan moralitas, (b) aspek kekerabatan dengan cinta kasih, (c) aspek pendidikan dengan moralitas; (4) rencana pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan menggunakan acuan kurikulum 2013, KD 3.9 menganalisis isi dan kebahasaan novel. Model pembelajaran yang digunakan yaitu model pembelajaran Think, Talk, and Write (TTW). Langkah-langkah pembelajaran unsur intrinsik dan sosiologi sastra yang digunakan meliputi tahap pendahuluan, tahap inti, dan tahap penutup.

 

Kata Kunci: Unsur intrinsik, Sosiologi Sastra, dan Rencana   Pelaksanaan Pembelajaran.


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.