ANALISIS NILAI RELIGIUS DALAM NOVEL ANTARA CINTA DAN RIDHA UMMI KARYA ASMA NADIA DAN RENCANA PELAKSANAANNYA PEMBELAJARANNYA DI SMA
Abstract
Abstrak: Tujuan skripsi ini adalah mendeskripsikan Unsur Intrinsik, aspek-aspek religius, rencana pelaksanaan pembelajaran novel Antara Cinta dan Ridha Ummi Karya Asma Nadia di SMA tentang nilai religius yang terdapat dalam karya fiksi novel Antara Cinta dan Ridha Ummi Karya Asma Nadia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber penelitian adalah novel Antara Cinta dan Ridha Ummi Karya Asma Nadia. Objek penelitian adalah nilai religius novelAntara Cinta dan Ridha Ummi karya Asma Nadia. Fokus penelitian pada unsur intrinsik dan aspek-aspek nilai religius novel. Teknik pengumpulan data penulis menggunakan teknik pustaka, teknik baca dan teknik catat. Insrumen penelitian adalah peneliti di bantu kartu pencatat data. Teknik analisis data penulis memilih teknik analisis isi.Teknik validitas data penulis menggunakan triangulasi teori .Teknik penyajian hasil analisis data digunakan teknik informal. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) unsur intrinsik novel Antara Cinta dan Ridha Ummi Karya Asma Nadia terdiri dari: (a) tema kesabaran dan keikhlasan seorang wanita dalam menghadapi cobaan hidup, (b) alur campuran, , (c) tokoh dan penokohan dibagi atas tokoh utama, yaitu Ummi dan tokoh tambahan, antara lain: Zubaidah, Aisyah, Zarika, Zainal, Zidan, Ziah, Umar dan Abah, (d) latar terdiri dari: latar tempat meliputi: Masjid, pelataran salon, kamar, Jakarta, kos, kafe dan rumah sakit; latar waktu antara lain: Pagi, sore, dini hari, dan siang; latar sosial antara lain; Keusuksesan Usaha, perbincangan warga, dan dakwah. (2) aspek nilai religius antara lain (a) hubungan manusia denga Tuhan, (b) hubungan manusia dengan manusia dengan manusia, (c) hubungan manusia dengan diri sendiri,(d) hubungan manusia dengan alam sekitar; (3) rencana pelaksanaan pembelajaran dilakukandengan menggunakan acuan kurikulum 2013, KD 3.9 menganalisis isi dan kebahasaan novel. Metode pembelajaran diskusi dengan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition(CIRC). Penilaian yang digunakan dengan metode tes tertulis.
Kata kunci : unsur intrinsik, nilai religius, rencana pelaksanaan pembelajaran.
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.